Hari Pertama Sekolah dengan Pakaian Bebas, Begini Kesan Siswi Asal Madinah

Mengawali tahun ajaran baru, tahun 2018 – 2019, hampir semua sekolah menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), begitu juga SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (SMAMDA) juga menyelenggarakan Forum Ta’arum Siswa (Fortasi). Ratusan siswa mengikuti Fortasi guna mengenal lingkungan dan budaya Smamda.

Ada yang unik dari Fortasi yang diselenggarakan SMAMDA mulai hari Senin (16/7). Jika umumnya pada hari pertama siswa langsung memakai seragam sekolah, siswa baru SMAMDA memakai pakaian bebas. “Express Your Passion, be Your Self dipilih sebagai tema Fortasi tahun ini, ” ungkap Darwis Okta Effendi, S.S, Koordinator Fortasi. “Sehingga pada hari pertama fortasi, siswa baru berpakaian bebas,” imbuhnya.

Dengan tema tersebut siswa dapat menggali passion yang mereka miliki, Hal ini sebagai upaya bahwa Smamda memberikan ruang berkreasi kepada siswa sejak mereka menjadi warga baru Smamda.

Hal unik berikutnya nama tiap kelompok Fortasi bertemakan hobi atau profesi. Seperti, pet lover, adventurer, researcher, photographer, singer, dan lainnya. Berangkat dari passion itulah para siswa baru tersebut tidak mengenakan seragam melainkan kostum bertemakan nama hobi atau profesi kelompoknya.

Fortasi ini dibuka dengan giant flag berlogo Smamda dan IPM. Giant flag ini ini sebagai sarana publikasi dan syiar karena salah satu tugas Fortasi yaitu tiap kelompok membuat Vlog dan giant flog inilah sebagai sarananya. Walau dengan cuaca yang panas siswa begitu antusias di acara Fortasi tersebut. “Fortasi kali ini seru, temanya beda dari yang lain, walaupun tugasnya agak rumit tetapi asik karena sesuai dengan passionnya kami,” kata Vania kelompok Painter.

Kepala SMAMDA Surabaya Astajab MM memberi sambutan saat pembukaan fortasi

Berbeda dengan Nadherah Evendy Tambayong, siswa asal Madinah, Arab Saudi Ini memiliki kesan tersendiri, “Saya awalnya nervous, tapi penasaran juga dengan model orientasi sekolah di Indonesia, namun akhirnya saya excited.”

Setelah pertunjukkan giant flag, dihari pertama Fortasi ini siswa mengikuti demo ekstrakurikuler, sehingga para siswa baru mengenal ekstrakurikuler yang ada di Smamda dan siswa juga dapat langsung mendaftar ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya.

Fortasi akan berlangsung hingga hari Jum’at (20/7). Acara Fortasi akan ditutup dengan Inaugurasi pada hari Sabtu (21/7). (masitha)

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda