Ikuti Ajang Broadcast Award, Borong Empat Trofi

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) patut berbangga. Pasalnya empat siswa yang berlaga di ajang Broadcaster Award 11 tingkat nasional meraih empat trofi penghargaan di Yogyakarta.

Mereka adalah Chansa Aqilla Alhimnie (XI MIPA 1) yang turun dalam kategori News Anchor, Radio Announcer berhasil menjadi juara 1 di dua kategori tersebut.

Siswa lainnya seperti Rr Audrey Adriana Kayla (X IPS1) berhasil menjadi juara 3 di kategori presenter TV, lalu di kategori reportase, dua siswa menjadi pemenang yaitu Azwa Safrina (X MIPA 5) sebagai juara 1 dan Belva Annora (X MIPA 3) juara 2.

Dihubungi Senin (6/5/2019), pelatih ekstrakulikuler Meriana Candra Kurniasari MPd menuturkan, latihan memakan waktu sekitar dua pekan di sela jam pelajaran atau sepulang sekolah. Acara lomba itu dilaksanakan pada Sabtu-Senin (27-29/4/2019) yang lalu.

”Alhamdulillah perjalanan panjang Surabaya-Yogya pergi pulang tidak sia-sia. Perjuangan berbuah manis,” tuturnya.

Ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Ikom Radio Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini diikuti 60 peserta dari berbagai daerah seluruh Indonesia. Ada yang datang dari Yogyakarta, Magelang, Surabaya, Klaten, Banjarnegara, Purworejo, dan Pontianak.

Mery, panggilan Meriana Candra, menjelaskan, ajang yang berlangsung tiga hari ini memang membutuhkan perjuangan keras. Dimulai dari hari pertama semua peserta harus mengikuti media visit, workshop dan beauty class guna menunjang performance dan wawasan.

Mereka juga baru mendapatkan materi lomba dua hari sebelumnya. ”Materi yang diberikan berupa artikel yang harus mereka ubah sendiri menjadi berita yang siap ditayangkan,” terang pemilik Professional Broadcasting School (Probest).

Hari kedua dan ketiganya masing-masing adalah babak penyisihan dan final. Kemenangan yang diraih tentu saja membuat siswa Smamda sangat bersyukur dan bangga. Seperti yang dituturkan dua siswa ini.

”Alhamdulillah, berkat bimbingan tentor, dukungan orang tua dan guru, dua piala ini saya persembahkan untuk sekolah tercinta saya,” ujar Chansa juara 1 lomba news anchor sekaligus radio announcer.

Sama seperti Chansa, peraih juara 1 reportase Azwa Safrina mengatakan, bersyukur bisa jadi juara. Padahal ini baru pertama kalinya berpartisipasi. Apalagi pesertanya sudah berpengalaman. Para juara tahun lalu juga ikut. (Meriana, Tanti)

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda