Ketua Umum PP Muhammadiyah: Lulusan Smamda Harus Jadi Ulul Albab

Smamda – Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah berpesan kepada 308 lulusan SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya agar menjadi generasi ulul albab. Pesan itu dia sampaikan di hadapan orangtua dan 308 siswa yang terdiri dari 229 siswa peminatan MIPA, 69 siswa peminatan IPS, dan 10 siswa peminatan Bahasa saat wisuda yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (27/6/2020).

Orangtua dan siswa bergabung melalui Google Meets. Untuk guru dan karyawan serta masyarakat umum menyaksikan wisuda ini melalui streaming di kanal YouTube Smamda TV.

Haedar Nashir mengatakan, Smamda adalah sekolah unggulan yang membanggakan. Maka ia berharap agar seluruh wisudawan-wisudawati ini sebagai titik pangkal untuk terus maju mencari ilmu dan menjadi generasi ulul albab.

“Harus menjadi kebanggaan Muhammadiyah, membanggakan umat bagi kemajuan bangsa dan kemanusiaan,” tandasnya. Haedar percaya, setiap lulusan Smamda akan menjaga nilai-nilai Islam yang berbasis pada iman dan tauhid yang kuat, memelihara dan mempraktikkan akhlak mulia.

“Menjadi sosok yang cerdas berilmu serta ilmunya dapat memberikan manfaat bagi kehidupan. Kapanpun dan di manapun berada,” tutur Guru Besar Ilmu Sosiologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut.

Di akhir orasinya, Haedar berpesan kepada para lulusan agar menjadi generasi yang beriman dan berilmu. Karena dengan dua nilai dasar itu (iman dan ilmu) lulusan Smamda akan menjadi generasi yang meraih derajat tinggi sebagaimana janji Allah.

“Maka lulus dari Smamda, nilai-nilai dasar yang ditanamkan Muhammadiyah selama di sekolah harus tetap menjadi pondasi, menjadi bingkai, dan menjadi arah perjalanan hidup ananda semuanya,” pesannya.

Generasi Berdaya Saing di Era Global

Sementara itu Kepala Smamda Surabaya Astajab mengatakan, wisuda angkatan XLIV kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Wisuda kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kendati demikian, prosesi wisuda virtual tetap berjalan secara khidmat dan rangkaian prosesinya berjalan lancar,” terang Astajab.

Mengusung tema Generasi Unggul, Berkarakter, dan Berdaya Saing di Era Global, Astajab berharap siswa-siswi lulusan Smamda menjadi generasi yang unggul di segala bidang kebaikan.

“Namun memiliki karakter yang parcaya pada diri sendiri, tidak mencontoh orang lain serta bisa memiliki jiwa dan mental yang kuat untuk bersaing dengan seluruh masyarakat. Tidak hanya Indonesia tetapi juga dunia.” tandasnya.

Seperti wisuda-wisuda sebelumnya, dalam wisuda daring ini, Smamda tetap memberikan 17 penghargaan akademik dari 308 siswa yang lulus. Penghargaan dibacakan oleh Budi Astjarjo SPd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Salah satu penghargaan diberikan kepada Almarhum M Alam Narayana kelas XII MIPA 2. Dia memperoleh penghargaan sebagai siswa yang menginspirasi karena kegigihannya menuntut ilmu di Smamda meskipun dalam keadaan sakit. (*)  Masitha Gemilang

 

Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda