Laporan Kelompok 40

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km2 yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya.

Kota Malang dikenal baik karena dicap sebagai kota pendidikan. Kota ini memiliki berbagai perguruan tinggi terbaik seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Selain itu, kota ini merupakan kota pariwisata karena alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan serta udaranya yang sejuk. Malang pun terkenal sebagai kota bunga karena banyaknya bunga yang menghiasi kota

OCA merupakan kegiatan diluar kelas yang dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, khususnya untuk siswa kelas XII. Kegiatan ini secara khusus dimaksudkan untuk membuka wawasan siswa tentang pengetahuan di luar kelas. Malang menjadi tujuan karena ada berbagai macam tempat yang bisa menambah pengetahuan siswa; baik itu wisata, tempat-tempat penting, dll.

Dalam kegiatan tersebut seluruh siswa diwajibkan membuat laporan perjalanan OCA yang menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan sebagai pertanggung jawaban dan sebagai media pembelajaran bagi para siswa peserta OCA.

B. Tujuan

Tujuan kegiatan OCA dan laporan perjalanan ini adalah:

Menambah wawasan siswa mengenai Malang
Sebagai sarana pengenalan siswa dengan budaya lain
Memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar secara langsung dengan sumber ajar
Memberikan pengalaman pada siswa peserta study tour

C. Waktu dan Tempat Kegiatan OCA

Kegiatan study tour ini dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Kamis, 7 Desember 2017

Lokasi: Malang

D. Peserta OCA

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya kelas XII dan guru – guru yang menjadi Panitia OCA

ISI LAPORAN OUTDOOR CLASS ACTIVITY

A. Laporan Perjalanan OCA

Kami, dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya mengadakan pembelajaran di luar kelas ke Malang pada tanggal 7 Desember 2017 selama 1 hari.

Dari Surabaya ke Malang Kami menggunakan Bus Pariwisata Budiman. Semua siswa duduk di kursi belakang sementara guru yang ikut kegiatan ini duduk di depan. Kami dijadwalkan berangkat tanggal 7 Desember pukul 05.35 WIB. Tetapi sebelum itu siswa peserta sudah terlihat banyak berkumpul.

Bus baru diberangkatkan pukul 05.50 dikarenakan ada kendala dalam administrasi presensi siswa. Rute perjalanan dari Tasikmalaya sampai ke Jogja yaitu, Surabaya > Gempol > Pandaan > Lawang > Singhasari > Malang. Lama perjalanan yang kami tempuh dari Surabaya sampai di Universitas Brawijaya adalah 2,5 jam. Jadi kami tiba pukul 08.30.

Setelah sampai di Universitas Brawijaya, Kami diizinkan masuk gedung Fakultas Ekonomi Bisnis. Setelah itu, kami masuk ruang kuliah di lantai 3 dengan pelajaran Bahasa Inggris.

Pada pukul 11.00 Kami menuju Universitas Muhammadiyah Malang yang lokasinya dekat dengan Sengkaling. Setelah itu, kami menuju Dome UMM untuk menunggu instruksi dari pihak universitas. Setelah mendapat instruksi dari pihak universitas kami menuju Laboratoruim Perikanan sampai pukul 15.00. Setelah dari UMM, kami menuju ke Taman Sengkaling untuk refreshing sampai pukul 18.00.

B. Tempat yang Dituju

Tempat – tempat yang kami tuju selama OCA ini hanya 3 tempat, dan inilah yang kelompok kami tuju.

a. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya atau disingkat FEB UB didirikan pada 27 Juni 1957 dan diberi nama Perguruan Tinggi Ekonomi (PTEM). Sebuah salah satu universitas tertua di Indonesia, FEB UB telah mengalami banyak transformasi kelembagaan, yang mengedepankan profesionalisme, integritas dan bertujuan untuk menciptakan lulusan terbaik yang mampu bersaing di era globalisasi.

FEB UB memiliki visi menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional di bidang ekonomi dan bisnis yang berjiwa wirausaha dan berkesadaran ketuhanan, kemanusiaan, dan lingkungan.

b. Laboratorium Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang

Laboratorium ini berisi tentang bagaimana ikan bias berkembang biak serta cara merawat ikan yang baik dan benar. Laboratorium ini mempunyai fasilitas yaitu kolam yang fungsinya berbeda-beda.

c. Taman Sengkaling

Di kota Malang terkenal dengan tempat-tempat wisata yang indah dan mempesona, selain pantai dan pegunungan ada lagi tempat taman rekreasi yang wajib anda kunjungi yakni Taman Rekreasi Sengkaling.

Taman Sengkaling ini berjarak kurang lebih 10 Km dari pusat Kota Malang. Dengan luas sekitar 9 hektar dan 6 hektar lainnya berupa taman dan pepohonan yang sangat menyejukan sehingga para pengunjung ditaman ini semakin betah dikawasan tersebut.

Lokasi Taman Rekreasi Sengkaling sangat strategis mudah kita temukan, pasalnya taman rekreasi ini tepat berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan antara kota Malang dengan kota Batu.

PENUTUP

A. Simpulan

Berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan dari OCA ke Malang ini, dapat diambil kesimpulan bahwa Kota Malang dikenal baik karena dicap sebagai kota pendidikan. Kota ini memiliki berbagai perguruan tinggi terbaik. Selain itu, Kota Malang dikelilingi oleh pegunungan dan udara yang sejuk.

B. Saran

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa, sangat baik bila terus dilaksanakan dari tahun ke tahun dengan tempat yang berbeda; yang kaya akan sejarah dan ilmu pengetahuan agar wawasan siswa meningkat.

 

Laporan Outdoor Class Activity

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

Kelompok 40:

  • Fikri Akbar XII IPS 1
  • Muhammad Farhan Aditya Putro XII IPS 1
  • Tasyanamira Yulindasari XII IPS 1
  • Trias Shobibathur Rohma XII IPS 1
  • Adistri Rahmadani XII IPS 2
Tags

Leave a comment

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda
Powered by