Laporan Observasi Oca Kelas XII- Kelompok 48

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km2 yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya.

Kota Malang dikenal baik karena dicap sebagai kota pendidikan. Kota ini memiliki berbagai perguruan tinggi terbaik seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Selain itu, kota ini merupakan kota pariwisata karena alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan serta udaranya yang sejuk. Malang pun terkenal sebagai kota bunga karena banyaknya bunga yang menghiasi kota

OCA merupakan kegiatan diluar kelas yang dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, khususnya untuk siswa kelas XII. Kegiatan ini secara khusus dimaksudkan untuk membuka wawasan siswa tentang pengetahuan di luar kelas. Malang menjadi tujuan karena ada berbagai macam tempat yang bisa menambah pengetahuan siswa; baik itu wisata, tempat-tempat penting, dll.

Dalam kegiatan tersebut seluruh siswa diwajibkan membuat laporan perjalanan OCA yang menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan sebagai pertanggung jawaban dan sebagai media pembelajaran bagi para siswa peserta OCA.

B. Tujuan

Tujuan kegiatan OCA dan laporan perjalanan ini adalah:

Menambah wawasan siswa mengenai Malang
Sebagai sarana pengenalan siswa dengan budaya lain
Memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar secara langsung dengan sumber ajar
Memberikan pengalaman pada siswa peserta study tour

. Waktu dan Tempat Kegiatan OCA

Kegiatan study tour ini dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Kamis, 7 Desember 2017

Lokasi: Malang

D. Peserta OCA

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya kelas XII dan guru – guru yang menjadi Panitia OCA

Isi Laporan Oca oleh kelompok 48 sebagai berikut :

Kegiatan dimulai pada jam 5.30 wib seluruh siswa kelas 12 dan para guru dan panitia berkumpul di masjid untuk mengikuti acara pembukaan OCA Kelas XII 2017,Pembukaan sendiri dimulai dengan pembacaan ayat suci AL-QURAN lalu sambutan sekaligus pelepasan siswa untuk mengikuti acara OCA di Luar Kota.Acara pembukaan sendiri di tutup dengan pembacaan doa agar Allah selalu melindungi kita dan meringankan apa yang kita lakukan selama satu hari.

Tepat pada pukul 05.45 seluruh siswa di perintah menuju bus masing-masing sesuai yang sudah di beritahu dan para pedamping bus mengabsen siswanya apakah sudah lengkap atau belum.Perjalanan dimulai,dari Surabaya menuju Malang membutuhkan waktu sekitar 2 jam.Dalam OCA kali ini beberapa kelompok dibagi menjadi 2 tujuan yang berbeda yaitu ke Universitas Brawijaya dan satunya lagi ke Universitas Negeri Malang,kami tiba di Universitas brawijaya pada pukul 08.45 wib setelah itu kami berkumpul di halaman Universitas Brawijaya untuk mendapatkan arahan dari Bapak Ketua Panitia OCA.

Kelompok Kami kebagian untuk mengikuti perkuliahan di Jurusan Ekonomi Bisnis,kami di arahkan menuju kelas yang berada di lantai 4,disana kami mempelajari metode-metode untuk menyusun skripsi karena kelas yang kami datangi sudah memasuki semester 5.Pembelajaran dimulai pukul 08.30-11.000 setelah itu kita kembali ke bus untuk melanjutkan perjalan ke Universitas Muhammadiyah Malang.

Sesampainya disana kita makan siang di bus,setelah itu kami menuju masjid untuk melakukan sholat jamak qashar dhuhur dan ashar secara berjamaah.Sesudah sholat kami di arahkan untuk berkumpul di Dome milik Universitas Muhammadiyah malang,kelompok kami kebagian untuk melihat peternakan sapi dan ayam.

Setelah itu kami semua berkumpul di bus untuk melanjutkan acara yaitu refreshing di sengkaling,kita tiba disana pukul 16.00 wib dan diberi waktu sampai 17.00 untuk melakukan refreshing disana.Acara refreshing berakhir kami diarahkan untuk mengambil air wudhu nang duduk dimasjid untuk menunggu waktu maghrib tiba,akhirnya adzan maghrib berkumandang kita semua melaksanakan sholat jamak qashar maghrib dan isya lalu setelah itu kami menuju bus masing-masing untuk melakukan perjalan menuju Surabaya.

Nama Kelompok :

1)Ferdy Zein

2)Fahrian

3)M.Julianto.S.G

4)RaihanFarrel

5)Yafie Suryadani

Leave a comment

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda
Powered by