Laporan observasi OCA kelompok 76

LAPORAN KEGIATAN OCA  (Outdoor Class Activity) KELAS XII TAHUN AJARAN 2017-2018

 

KELOMPOK 76

Kata Pengantar

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas setiap limpahan rahmat dan karunia-Nya akhirnya kelompok kami mampu menyelesaikan penulisan Laporan OCA ini dengan bentuk ataupun isi materinya yang masih amat sederhana. Mudah-mudahan Laporan ini dapat dipakai untuk salah satu media pembelajaran.

Tentunya pada Laporan ini masih dapat ditemukan banyak sekali kekurangan. Oleh karena itu kami membutuhkan kritik dan saran  supaya semakin tambah baik seterusnya.

 

 

 

 Hal – Hal Terkait kegiatan OCA

 

 

vNama Acara : OCA (Outdoor Class Activity)

           

vTempat Acara :

 

1.  Universitas Brawijaya

2.  Universitas Muhammadiyah Malang

3.  Sengkaling Water Park

 

 

 

v Hari/Tanggal Acara : Kamis/07-12-2017

 

 

 

v Pukul : 05.30 s.d 21.00 WIB

 

 

 

MATERI OCA

 

 

1)                     Universitas Brawijaya (UB)

 

ü Fakultas Kedokteran (FK)

 

 

v   Jurusan – jurusan di FK Universitas Brawijaya :

 

1.)         Jurusan Pendidikan Dokter

2.)         Jurusan Ilmu Keperaawatan

3.)         Jurusan Gizi Kesehatan

4.)         Program Studi Kebidanan

5.)         Program Studi Farmasi

 

 

v  Hal – hal mengenai FK Universitas Brawijaya :

 

o      Pendidikan Kedokteran di FKUB memiliki satu rumah sakit pendidikan dan didukung oleh beberapa rumah sakit jejaring dan pusat kesehatan masyarakat.

 

o     FKUB memiliki staf pengajar yang sangat berpengalaman dengan gelar profesor, doktor, magister dan spesialis.

 

o     FKUB adalah salah satu institusi terdepan di Indonesia yang mengembangkan Biomolekuler.

 

o     FKUB adalah satu-satunnya institusi pendidikan kedokteran yang menawarkan program spesialis Emergency Medicine (Kedokteran Kegawatdaruratan).

 

o     FKUB memiliki laboratorium skill yang bertujuan untuk memperkuat keterampilan mahasiswa kedokteran sebelum menjalani proses pendidikan di rumah sakit.

 

o  Nama Universitas Brawijaya (disingkat Unibraw) diresmikan sebagai Universitas Negeri pada tahun 1963. Saat ini Unibraw merupakan salah satu universitas negeri yang terkemuka di Indonesia yang mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 30 ribu orang dari berbagai strata mulai program Diploma, Program Sarjana, Program Magister dan Program Doktor selain Program Spesialis tersebar dalam 10 Fakultas.

 

 

         Kantor Pusat Universitas Brawijaya (1963 – 1974)

 

Kampus Unibraw berada di kota Malang Jawa Timur, dengan lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum. Kampusnya sangat asri karena banyaknya pepohonan dan ditunjang oleh hawa sejuk kota Malang.
Sejarah membuktikan keberadaan Kota Malang sebagai kota pendidikan tempat Unibraw tumbuh dan berkembang pesat. Ini tidak terjadi dengan sendirinya tapi seakan merupakan proses sejarah yang tidak terpisahkan dari kejayaan Jawa Timur di masa lampau.

Nama Universitas Brawijaya diberikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat nomor 258/K/61 tanggal 11 Juli 1961. Nama ini berasal dari gelar Raja-Raja Majapahit yang merupakan kerajaan besar di Indonesia pada abad 12 sampai 15. Universitas Brawijaya dinegerikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 196 tahun 1963 dan berlaku sejak 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya. Perjalanan Universitas Brawijaya sebelum dinegerikan diawali pada tahun 1957 di Malang berdiri cabang Universitas Sawerigading Makassar yang hanya terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1960 diganti namanya menjadi Universitas Kotapraja Malang. D ibawah naungan Universitas tersebut beberapa bulan berikutnya terdapat tambahan dua fakultas yaitu Fakultas Administrasi Niaga (FAN) dan Fakultas Pertanian (FP). Universitas Kotapraja Malang inilah yang kemudian diganti namanya menjadi Universitas Brawijaya.

 

 

 

 

 

.     Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

 

v   PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro)

 

     Adalah pembangkit listrik berskala kecil dengan out put di bawah 100 KW yang memanfaatkan potensi aliran air yang terdapat di pedesaan sebagai sumber tenaga misalnya saluran irigasi, sungai atau air terjun alam.

 

 

 

 

 

 Langkah-langkah penyaringan air di PLTMH UMM

 

 

1.)           Pertama air dari sungai dibawa menuju ke tempat penyaringan seperti di atas.

2.)           Kedua lumpur yang dibawa oleh air akan mengendap di tempat penyaringan.

3.)           Sampah-sampah kering seperti plastik dan lain-lain akan tersangkut ke tempat filtrasi yang gambarnya ada disisi kiri.

4.)           Sedangkan air yang bersih akan mengalir ke tempat filtrasi melewati celah-celah dan dibawa kesuatu tempat yang akan diberi tambahan zat kimia agar air lebih bersih dan layak dikonsumsi warga setempat.

5.)           Kotoran-kotoran lainnya akan kebawa ke lubang kecil yang berada di sisi pojok bawah penyaringan.

6.)           Lumpur yang tertimbun dibawah akan dibawa juga ke lubang kecil itu dan sisannya akan diambil secara manual.

7.)           Air yang telah tersaring secara sempurna akan dialirkan ke sungai.

 

 

Kesimpulan :

Kesimpulan dari laporan ini ialah ,kelompok kami diwajibkan untuk aktif dalam kegiatan OCA ini ,aktif seperti mendapatkan informasi informasi yang telah diberi taukan oleh beberapa universitas yang berada di malang(oca nya ke universitas yang berada di malang) dan kita membuat laporan ini agar kita mendapat ilmu dari apa yang disampaikan oleh universitas unversitas tersebut agar kelak kedepannya kita mengetahui kehidupan perkuliahan itu seperti gimana dll dan juga untuk meningkatkan kreativitas anak anak jaman sekarang.

Nama Peserta Kelompok:

 

 

v    Nama Ketua Kelompok :

 

Amira Diniya Raushanfikri (XII.MIPA-8)

 

 

v      Nama Anggota :

 

 

1.  Ryanditya Nabil Pratama           (XII.MIPA-8)

2.  Amalia Rahma Susilo                  (XII.MIPA-9)

3. Andi Fikri Agussalim                    (XII.MIPA-9)

 

4.  Nuhan Lutfi Basymeleh              (XII.MIPA-9)

http://https://www.youtube.com/watchv=5eBFFcE694w&feature=youtu.be

(umm)

 

(UB)

https://www.youtube.com/watch?v=QbWN8PSnZxU (REFRESHING)

 

Tags

Leave a comment

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda
Powered by