Lulusan Smamda mendapat Beasiswa Ke China

Adalah Salsabillah Qonita Virchie Lestiono salah satu siswa berprestasi yang dicetak SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (SMAMDA). Siswi kelas XII IBB yang lulus tahun 2017 ini mendapat beasiswa untuk melanjutkan studinya ke negeri Tirai Bambu.

Untuk belajar di luar negeri adalah cita cita saya sejak kecil, saya juga suka belajar berbagai macam bahasa.Saat SMA saya memilih untuk bersekolah di SMAMDA dan kebetulan di SMAMDA ada jurusan yang saya minati, yaitu kelas “Bahasa dan Budaya” ujarnya, disela acara pelepasan siswa yang mendapat beasiswa untuk studi Lanjut ke Tiongkok di Sekolah Little Sun hari ini, Ahad (10/9)

Awalnya dia tidak begitu menyukai mandarin, karena tulisannya susah, tapi begitu kelas 11, dia mencoba mempelajari mandarin dan ternyata tidak sesulit apa yang dia pikirkan.
saat kelas 12, dia mencoba untuk mendaftar beasiswa kuliah di Tiongkok. Selain dari dorongan orang tua, guru Bahasa Mandarin SMAMDA yaitu Ibu Dyah Kartika A, S.Pd juga memberi saran untuk mendaftar beasiswa tersebut.
Menurut Bu Tika, Salsa adalah anak yang tekun, tidak mudah putus asa.
Memang pada awalnya dia ragu, dengan kemampuan bahasa mandarinnya, tapi saya yakin dia bisa, tambahnya

Dengan di bimbing oleh guru bahasa mandarin di SMAMDA, putri sulung dari Bapak Archie Lestiono dan Bu Novita Surjandari mengikuti tes gelombang I pada tgl 6 mei 2017 lalu, ada kurang lebih 40 anak yang test di surabaya pada hari itu.

“Saya fikir testnya bakal di luar kemampuan bahasa mandarin saya, tapi ternyata saya bisa melalui test tersebut. Dan setelah menunggu beberapa minggu, akhirnya saya diumumkan lolos beasiswa tersebut. Ungkapnya dengan tersenyum bangga. Bagaimana Tidak, hanya ada 3 siswa termasuk dirinya yang berasal dari Surabaya. Yang lainnya berasal dari Papua, Tarakan Bali, Samarinda, Paiton, Madiun, Magelang, dan Padang dari total 33 siswa yang akan berangkat ke Tiongkok hari ini.
Yang lebih membanggakan dia satu satunya siswi yang muslimah yang berjilbab dari semua penerima beasiswa. Dia juga diminta memberikan sambutan perwakilan dari penerima beasiswa.

Tak henti hentinya dia mengucap syukur karena diterima di Xiamen Huaqiao University dengan jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin. Ia akan belajar disana selama 4 tahun. Sekembalinya menimba ilmu disana Ia sangat ingin membagi ilmunya kepada adik kelasnya di SMAMDA. Sungguh mulia keinginannya. SMAMDA tidak hanya berhasil mencetak siswa berprestasi tetapi juga Kader Muhammadiyah di masa mendatang, yang ikut membesarkan Muhammadiyah Kelak.

Hal ini seperti yang disampaikan Bapak Astajab, S.Pd, M.M kepala SMAMDA, yang juga hadir dalam acara pelepasan siswa ini bahwa SMAMDA tidak hanya memotivasi dan memfasilitasi siswa siswinya untuk meraih prestasi tetapi juga untuk sikap peduli dengan perkembangan Muhammadiyah di masa depan dengan mencetak kader kader Muhammadiyah dari siswa siswi SMAMDA
Selamat dan Sukses untuk Salsabillah.(Tori)

Tags
Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda