Observasi UB/UMM – KELOMPOK 56

LAPORAN OUTDOOR CLASS ACTIVITIES (OCA) XII 2017
SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Pada tanggal 7 Desember 2017 sekolah kami mengadakan kegiatan outdoor class activity (OCA) yang diadakan di Malang. Di sana kami mengunjungi beberapa universitas. Universitas yang kami kunjungi adalah Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah.
Universitas pertama yang kami kunjungi adalah Universitas Brawijaya (UB). UB sendiri memiliki 4 kampus yang tersebar di pulau Jawa yaitu di Malang, di Dieng, di Rumah Sakit Umum Malang dan di Jakarta. Fakultas yang kami kunjungi adalah fakultas kedokteran yang memiliki 5 program studi. Pertama, jurusan pendidikan dokter. Ditempuh selama kurang lebih 5 tahun sampai 7 tahun dan mendapat gelar Dr. di depan nama lengkap. Jika ingin mendapatkan spesialis maka harus sekolah lagi selama 4 tahun. Kedua, jurusan ilmu keperawatan. Di sini akan mendapatkan mata kuliah care provider, educator, manager, researcher, dan entrepreuner yang ditempuh kurang lebih 7 sampai 9 semester dengan gelar S.Kep (sarjana keperawatan). Ketiga, jurusan gizi kesehatan. Sama seperti jurusan lainnya, di sini akan mendapatkan pengetahuan dan skill mengenai gizi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Mendapatkan gelar S.Gz (spesialis gizi). Keempat, jurusan kebidanan. Profil pendidikan kebidanan di UB mengacu profil bidan secara nasional yaitu care profider, decision makers, communicators, community leaders, manager. Bidan akan mendapatkan gelar A.Md (ahli madya) yang setara dengan D3. Tetapi di UB sudah dibuka S1 yang mana mendapatkan gelar S.Keb (sarjana kebidanan).
Ada banyak alasan untuk memilih FKUB sebagai tempat studi pendidikan kedokteran, antara lain: memiliki satu rumah sakit pendidikan dan didukung oleh beberapa rumah sakit jejaring dan pusat kesehatan masyarakat, memiliki staf pengajar yang sangat berpengalaman dengan gelar professor, doctor, magister dan spesialis, salah satu institusi terdepan di Indonesia yang mengembangkan Biomolekuler.
Kampus kedua yang dikunjungi adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Setibanya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kami melaksanakan shalat dhuhur dan ashar dengan dijama’ qashar. Kemudian setelah shalat kami istirahat sejenak di masjid UMM. Dan kemudian kami berkumpul di depan DOM UMM untuk mendengarkan pengarahan. Di UMM kami dibagi menjadi 6 kelompok yaitu: perikanan, peternakan, PLTMH, budidaya jamur, lembaga kebudayaan, kultur jaringan. Kelompok kami mendapatkan budidaya jamur. Kemudian kami menuju laboratorium budidaya jamur. Di sana kami mendapatkan ilmu tentang proses pembuatan jamur dari awal sampai akhir. Di laboratorium budidaya jarum ini memproduksi beberapa jenis jamur yaitu: jarum tiram florida, tiram abu- abu 2, tiram pink, tiram coklat, tiram zafira, tiram emas, tiram kuning, tiram abu- abu 1, tiram kering, kuping. Cara pembuatan baglog jamur kayu yaitu: serbuk gergaji, penimbangan bahan baku, pencampuran media, pengomposan media, pewadahan media kedalam kemasan, sterilisasi, inokulasi, inkubasi, baglog. Pembuatan bibit f2 jamur kayu yaitu: serbuk gergaji, pengayakan, penimbangan bahan baku, pencampuran media, pewadahan media ke dalam botol, sterilisasi, pendinginan, inokulasi, inkubasi, bibit f2.
Pada sore hari setelah dari UMM, kita menuju ke tempat wisata Sengkaling yang letaknya tidak jauh dari UMM. Disana kita bias berenang, main sepeda air, boomboom car dll. Namun sore itu hujan, jadi kita tidak bisa bebas main kesana kesini, hanya bisa seadanya saja. Ada sebagian anak laki-laki yang berenang, dan anak-anak lainnya bermain sepeda air atau hanya sekedar menikmati kesejukan udara disekitar Sengkaling.
Setelah selesai bermain, saat nya sholat maghrib dan langsung pulang menuju ke Surabaya. Namun, bis 7 dan 8 tiba di sekolah sekitar

pukul 21.30 karena padatnya jalan.https://www.youtube.com/watch?v=TrYw4sukwPs

Tags

Leave a comment

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda
Powered by