PSIKOLOGI UM – KELOMPOK 20

Laporan Hasil Kunjungan Kampus Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Oleh:

Jasmine Maharani / XII MIPA 1

Nakita Millenia / XII MIPA 2

Adrian Rahmanto Putra / XII MIPA 3

Dinda Ajeng Puspanita / XII MIPA 3

Viga Qonita Ulinuha / XII MIPA 3

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Jl. Pucang Anom 91, Surabaya, Jawa Timur

  • KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan kasih‐Nya, atas anugerah hidup dan kesehatan yang telah kami terima, serta petunjuk‐Nya sehingga memberikan kemampuan dan kemudahan bagi kami dalam penyusunan karya tulis ini.

Di dalam karya tulis ini kami selaku penyusun hanya sebatas ilmu yang bisa kami sajikan, sebagai laporan hasil kunjungan kampus ke UM Malang dan UMM Malang. Dimana di dalamnya kami sajikan beberapa hal yang bisa kita pelajari khususnya fakultas fakultas dan juga passing grade dari jurusan tertentu.

Kami menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman kami tentang UM dan UMM, menjadikan keterbatasan kami pula untuk memberikan penjabaran yang lebih dalam tentang masalah ini, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini.

Harapan kami, semoga karya tulis ini membawa manfaat bagi kita, setidaknya untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang dunia Universitas.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan ini. Terutama kepada rekan satu kelompok atas kerjasamanya.dan guru bahasa Indonesia yang telah membimbing dalam penyusunan karya tulis ini.

Surabaya, Desember 2017

Penyusun

  • BAB I (PENDAHULUAN)

1.1 Latar Belakang Masalah

Studi kampus adalah proses pembelajaran yang dilakukan di kampus atau perguruan tinggi. Studi kampus penting dilakukan oleh siswa-siswi SMA karena dengan kegiatan studi kampus, siswa SMA dapat mengetahui tentang pembelajaran perkuliahan di perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan studi kampus dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan siswa sehingga siswa lebih siap untuk masuk di perguruan tinggi setelah lulus SMA. 

Penting sekali untuk melakukan suatu kunjungan kampus, terutama bagi kami kelas XII yang maih meraba-raba mengenai dunia universitas. Diharapkan dengan melakukan kunjungan kampus ini akan semakin memantapkan hati kami untuk melanjutkan pendidikan hingga di tingkat kuliah dan kami dapat menentukan serta memilih jurusan yang pas dan sesuai dengan bakat minat kami.

2.1 Kunjungan Ke Universitas Negeri Malang

a.      Waktu dan tempat    

1)      Hari, tanggal kunjungan    : Kamis, 7 Desember 2017

2)      Waktu                                : pukul 08.30 WIB S.d. 11.30 WIB

3)      Tempat                              : Universitas Negeri Malang

b.      Isi Laporan

Sejarah

Cikal bakal Universitas Negeri Malang adalah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Malang yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Republik IndonesiaProf. Mr. Mohammad Yamin, pada tanggal 18 Oktober 1954berdasarkan SK No. 38742/Kab tanggal 1 September 1954. Bersamaan dengan itu pula, Prof. Sutan Adam Bachtiar ditugaskan sebagai Rektor PTPG Malang.

Pada awal pendiriannya, PTPG Malang mempunyai lima jurusan perintis, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Sejarah dan Budaya, Ilmu Ekonomi, serta Ilmu Pasti Alam. Adapun, perkuliahan diselenggarakan di gedung SMA Tugu (sekarang SMA Negeri 1SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Malang). Setahun kemudian, tepatnya sejak tanggal 20 Juni1955, PTPG memiliki gedung sendiri di bekas Hotel Splendid yang terletak di Jalan Tumapel 1, Malang.

Pada tanggal 10 November 1954, didirikan suatu universitas baru di Jawa Timur, yaitu Universitas Airlangga (Unair) yang terletak di Surabaya. Sebagai konsekuensinya, berdasarkan PP No. 71/1958, PTPG secara formal berubah status menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unair. Pada tahun 1958, atas jasa Wali Kota Malang saat itu, Sarjono, lembaga ini mendapatkan sebidang tanah untuk membangun kompleks kampus yang terletak di Jalan Semarang 5, Malang.

Awalnya, lembaga ini memerlukan bantuan dari luar negeri untuk melengkapi sarana dan prasarana pendidikan. Bantuan tersebut antara lain datang dari Ford Foundation yang memberikan sumbangan berupa beasiswa pengiriman dosen ke luar negeri, fasilitas laboratorium, dan buku untuk perpustakaan. Selain itu, pemerintah Jepang juga ikut menyumbang melalui Colombo Plan. Sie Twam Tjing (Samsi), pemilik pabrik rokok Bentoel, juga memberikan bantuan berupa kafetaria modern pada waktu itu.

Pada tanggal 3 Januari 1963, terbit Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 35/1964 yang menetapkan bahwa IKIP Malang memiliki cabang di:

·         Surabaya, berasal dari cabang FKIP Universitas Airlangga;

·         Madiun, berasal dari Cabang FKIP Universitas Airlangga;

·         Singaraja, berasal dari FKIP Universitas Udayana;

·         Kupang dan Ende, berasal dari FKIP Universitas Nusa Cendana.

Pada tanggal 20 Mei 1964, bertempat di Gedung SKMAN Malang, dilangsungkan upacara peresmian IKIP Malang yang menandai berpisahnya lembaga tersebut dari Universitas Airlangga. Dari hasil reorganisasi, IKIP Malang memiliki empat fakultas, yaitu:

·         Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP),

·         Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS),

·         Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), dan

·         Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE).

Adapun, Fakultas Keguruan Teknik (FKT) lahir setelah satu tahun reorganisasi. Selanjutnya, nama dan istilah fakultas yang ada disesuaikan secara nasional pada tahun 1982. FIP tidak mengalami perubahan, sedangkan FKSS menjadi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), FKIS menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), FKIE menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), serta FKT menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK).

Pada tanggal 23 Maret 1968, beberapa fakultas cabang IKIP Malang diserahterimakan kepada induknya yang baru. IKIP Malang Cabang Jember diserahkan kepada Universitas Jember, cabang Singaraja kepada Universitas Udayana, serta cabang Kupang dan Ende kepada Universitas Nusa Cendana. Adapun, IKIP Malang Cabang Surabaya berdiri sendiri menjadi IKIP Surabaya.

Berdasarkan SK Presiden RI No. 93/1999, IKIP Malang diubah menjadi Universitas Negeri Malang (UM) dan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 143/DIKTI/Kep/2000, UM mempunyai lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Sastra (FS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FE), serta Fakultas Teknik (FT) ditambah satu Program Pascasarjana (PPs).

 

Pendidikan

Dari segi akademis, PTPG memulai penyelenggaraan pendidikan dari jenjang bakaloreat (sarjana muda) dengan masa studi selama tiga tahun. Kemudian, pada tahun 1959, mulai dibuka jenjang lanjutan, yaitu doktoral atau acarya (sarjana) dengan masa studi selama dua tahun. Setelah beberapa tahun melewati tahap konsolidasi, akhirnya pada tahun 1968, program post sarjana (pascasarjana) dibuka dengan Jurusan Kependidikan sebagai jurusan pertama. Selanjutnya, pada tahun 1982, program ini disempurnakan menjadi Fakultas Pascasarjana yang terdiri atas Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Nama Fakultas Pascasarjana diubah menjadi Program Pascasarjana (PPs) pada tahun 1990.

Pada tahun 1992, program D2 PGSD diubah statusnya menjadi program studi baru di bawah naungan FIP, yaitu program D2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pada tahun 1993, didirikan dua program studi baru, yaitu Program Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di FPBS dan Program Sarjana Pendidikan Matematika Sekolah Dasar di FPMIPA.

Pada tahun 1994, didirikan enam program studi baru, yaitu D1 Pendidikan Teknik Listrik, D1 Pendidikan Teknik Otomotif, D3 Pendidikan Keterampilan Kelistrikan, D3 Pendidikan Keterampilan Otomotif, D3 Pendidikan Keterampilan Pengerjaan Logam, dan D3 Pendidikan Keterampilan Bangunan di FPTK. Pada semester genap tahun ajaran 1994-1995, PPs membuka dua program studi baru, yaitu Program Magister Pendidikan Matematika dan Program Magister Pendidikan Kimia.

Pada tahun ajaran 1998-1999, IKIP Malang yang telah berubah status menjadi universitas menerima mahasiswa baru untuk empat belas program studi baru non-kependidikan yang terdiri atas tujuh program sarjana (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, serta Desain Komunikasi Visual) dan tujuh program D3 (Bahasa Inggris untuk Dunia Usaha, Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Bangunan, Teknik Elektronika, Teknik Elektro, Tata Boga, serta Tata Busana).

Pada tahun ajaran 1999-2000, UM membuka enam program studi baru yang terdiri atas empat program studi non-kependidikan (S1 Ilmu Keolahragaan, S1 Manajemen, D3 Manajemen Pemasaran, dan D3 Akuntansi) dan dua program studi kependidikan (S1 Pendidikan Bahasa Jerman dan S1 Pendidikan Seni Tari).

Pada tahun ajaran 2000-2001, UM kembali membuka satu program studi baru non-kependidikan, yaitu S1 Psikologi. Selanjutnya, pada tahun ajaran 2004-2005, dibuka program studi non-kependidikan, yaitu Ilmu Sejarah, dan satu program studi kependidikan, yaitu S1 PGSD. Pada tahun ajaran 2005-2006, dibuka dua program studi non-kependidikan (S1 Akuntansi serta Ekonomi dan Studi Pembangunan) dan pada tahun ajaran 2006-2007, dibuka dua program studi kependidikan (S1 Pendidikan Teknik Otomotif dan S2 Pendidikan Kejuruan). Pada tahun ajaran 2007-2008, UM membuka tiga program studi kependidikan (S1 Pendidikan Teknik Informatika, S1 Pendidikan Tata Boga, dan S1 Pendidikan Tata Busana) dan pada tahun ajaran 2008-2009 membuka tiga program studi, yaitu S1 PGPAUD, D3 Game Animasi, dan S1 Pendidikan Teknik Elektro serta mendirikan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Terakhir, pada tahun 2009-2010, UM mendirikan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) serta membuka program studi S1 Pendidikan Luar Biasa dan D3 Perpustakaan.

UM termasuk dalam lima puluh universitas unggulan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Pada tahun 2010, universitas ini berhasil meraih peringkat 6 universitas terbaik di Indonesia versi Webometric, turun menjadi peringkat 16 pada tahun 2015. Pada tahun 2013, UM mendapatkan akreditasi A dengan nilai 372, sedikit di bawahUniversitas Gadjah Mada (378) dan Institut Pertanian Bogor (375).

 

Rektor

Sejak 1954, UM telah beberapa kali mengalami pergantian kepemimpinan. Berikut ini adalah daftar nama rektor yang pernah menjabat di UM.

·         Prof. Sutan Adam Bachtiar (1954–1958)

·         Prof. Kuntjoro Purbopranoto, S.H. (1958–1963)

·         Prof. Dr. D. Dwidjo Seputro, M.Sc. (1963–1966)

·         Prof. Dr. Eri Soedewo (Juli–September 1966)

·         Prof. H. Darji Darmodihardjo, S.H. (September 1966–1970)

·         Prof. Dr. H. Samsuri (1970–1974)

·         Prof. Drs. H. Rosjidan, M.A. (1974–1978)

·         Prof. Drs. H. M.A. Icksan (1978–1982) dan (1982–1986)

·         H. Mas Hadi Soeparto, M.Sc. (1986–1990 dan 1990–1995)

·         Prof. Dr. H. Nuril Huda, M.A. (1995–1999 dan 1999–16 Juli 2001)

·         Prof. Drs. H.M. Saleh Marzuki, M.Ed. (23 Juli 20016 April 2002)

·         Prof. Dr. H. Imam Syafi’ie (6 April 2002–8 November 2006)

·         Prof. Dr. H. Suparno (9 November 200627 November 2014)

·         Prof. Dr. H. Ah. Rofiuddin, M.Pd. (sejak 28 November 2014)

 

Fakultas

Universitas Negeri Malang memiliki delapan fakultas dan satu pascasarjana.

·         Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

·         Fakultas Sastra (FS)

·         Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

·         Fakultas Ekonomi (FE)

·         Fakultas Teknik (FT)

·         Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)

·         Fakultas Ilmu Sosial (FIS)

·         Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi)

·         Pascasarjana (PPs)

Jurusan dan Prodi

Secara keseluruhan di dalam delapan fakultas terdiri atas 27 jurusan dan 1 Pascasarjana diselenggarakan pada 64 program studi kependidikan dan 27 program studi nonkependidikan meliputi 52 program Sarjana 16 program Magister 13 program Doktor 10 program Diploma. Sebagian besar program studi ini diselenggarakan di kampus induk (Kampus I UM) yang berlokasi di Jl. Semarang 5 Malang. Sedangkan beberapa program studi diselenggarakan di dua kampus lainnya yaitu Kampus II di Jl. Ki Ageng Gribig 45 Sawojajar Malang dan Kampus III di Jl. Ir Soekarno No 3 Blitar. Kedelapan fakultas dan pascasarjana serta jurusan dan program studi tersebut adalah:

1.      Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) meliputi:

1.      Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK)

§  Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling

§  Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling

§  Program Studi S3 Bimbingan dan Konseling

2.      Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP)

§  Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

§  Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran

§  Program Studi S3 Teknologi Pembelajaran

3.      Jurusan Administrasi Pendidikan (AP)

§  Program Studi S1 Administrasi Pendidikan

§  Program Studi S2 Manajemen Pendidikan

§  Program Studi S3 Manajemen Pendidikan

4.      Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

§  Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah

§  Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah

§  Program Studi S3 Pendidikan Luar Sekolah

5.      Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP)

§  Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

§  Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

§  Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

§  Program Studi S2 Pendidikan Dasar

2.      Fakultas Sastra (FS) meliputi:

1.      Jurusan Sastra Indonesia (IND)

§  Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah

§  Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Indonesia

§  Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

§  Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

§  Program Studi D3 Perpustakaan

§  Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan

§  Program Studi S2 Keguruan Bahasa

2.      Jurusan Sastra Inggris (ING)

§  Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

§  Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Inggris

§  Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris

§  Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris

3.      Jurusan Sastra Arab (ARA)

§  Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab

§  Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Arab

4.      Jurusan Sastra Jerman (JRM)

§  Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman

§  Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin

5.      Jurusan Seni dan Desain (SED)

§  Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa

§  Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik

§  Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

§  Program Studi D3 Animasi

§  Program Studi S2 Keguruan Seni Rupa

3.      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) meliputi:

1.      Jurusan Matematika (MAT)

§  Program Studi S1 Pendidikan Matematika

§  Program Studi S1 Matematika

§  Program Studi S2 Pendidikan Matematika

§  Program Studi S3 Pendidikan Matematika

2.      Jurusan Fisika (FIS)

§  Program Studi S1 Pendidikan Fisika

§  Program Studi S1 Fisika

§  Program Studi S2 Pendidikan Fisika

§  Program Studi S2 Fisika

3.      Jurusan Kimia (KIM)

§  Program Studi S1 Pendidikan Kimia

§  Program Studi S1 Kimia

§  Program Studi S2 Pendidikan Kimia

§  Program Studi S3 Pendidikan Kimia

4.      Jurusan Biologi (BIO)

§  Program Studi S1 Pendidikan Biologi

§  Program Studi S1 Biologi

§  Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

§  Program Studi S2 Pendidikan Biologi

§  Program Studi S3 Pendidikan Biologi

4.      Fakultas Ekonomi (FE) meliputi:

1.      Jurusan Manajemen (MNJ)

§  Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga

§  Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

§  Program Studi S1 Manajemen

§  Program Studi D3 Manajemen Pemasaran

§  Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen

§  Program Studi S2 Manajemen

2.      Jurusan Akuntansi (AKU)

§  Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi

§  Program Studi S1 Akuntansi

§  Program Studi D3 Akuntansi

§  Program Studi S2 Akuntansi

§  Program Studi Profesi Akuntansi

3.      Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP)

§  Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

§  Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan

§  Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

§  Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

§  Program Studi S2 Ilmu Ekonomi

5.      Fakultas Teknik (FT) meliputi:

1.      Jurusan Teknik Mesin (TM)

§  Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

§  Program Studi D3 Teknik Mesin

§  Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif

§  Program Studi S1 Teknik Mesin

§  Program Studi D3 Mesin Otomotif

2.      Jurusan Teknik Sipil (TS)

§  Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan

§  Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan

§  Program Studi S1 Teknik Sipil

3.      Jurusan Teknik Elektro (TE)

§  Program Studi D3 Teknik Elektro

§  Program Studi D3 Teknik Elektronika

§  Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika

§  Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

§  Program Studi S1 Teknik Elektro

§  Program Studi S1 Teknik Informatika

4.      Jurusan Teknologi Industri (TI)

§  Program Studi D3 Tata Boga

§  Program Studi D3 Tata Busana

§  Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga

§  Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana

5.      Program Studi S2 Pendidikan Kejuruan

§  Program Studi S3 Pendidikan Kejuruan

6.      Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) meliputi:

1.      Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK)

§  Program Studi S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

§  Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olah Raga

§  Program Studi S2 Pendidikan Olahraga

2.      Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK)

§  Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan

§  Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat

7.      Fakultas Ilmu Sosial (FIS) meliputi:

1.      Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn)

§  Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

2.      Jurusan Geografi (GEO)

§  Program Studi S1 Geografi

§  Program Studi S1 Pendidikan Geografi

§  Program Studi S2 Pendidikan Geografi

§  Program Studi S3 Pendidikan Geografi

§  Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

§  Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi

3.      Jurusan Sejarah (SEJ)

§  Program Studi S1 Pendidikan Sejarah

§  Program Studi S1 Ilmu Sejarah

§  Program Studi S2 Pendidikan Sejarah

8.      Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi)

o    Program Studi S1 Psikologi

o    Program Studi S3 Psikologi Pendidikan

9.      Program studi jenjang Magister interdisiplin di UM sebagai berikut.

1.      Program Studi Pendidikan Dasar (PDs)

1.      Konsentrasi IPA

2.      Kosentrasi IPS

3.      Konsentrasi Bahasa Indonesia

4.      Konsentrasi Matematika

5.      Kosentrasi PKn

6.      Konsentrasi Guru Kelas

7.      Konsentrasi Guru PAUD

8.      Konsentrasi Pendidikan Luar Biasa

2.      Program Studi Pendidikan Kejuruan (PKJ)

·         Konsentrasi Teknik Mesin

·         Konsentrasi Teknik Sipil dan Bangunan

·         Konsentrasi Teknik Elektro

·         Konsentrasi Teknik Informatika

·         Konsentrasi Tata Busana dan Tata Boga

UM juga menyelenggarakan program-program khusus seperti Program Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Orang Asing kerjasama dengan Council on International Educational Exchange (CIEE) dan kursus bahasa Inggris yang dikenal dengan Predeparture English Training Course (PDETC) bagi mereka yang akan melanjutkan studi keluar negeri. Program-program khusus yang lain adalah program Penyetaraan D2; Penyetaraan D3; Penyetaraan S1 Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Bahasa Indonesia dan Kebudayaan Indonesia untuk Orang Asing dan Critical Language Scholarship (CLS).

 

Staf dan Mahasiswa

·         Jumlah staf pengajar: 942 orang

·         Jumlah staf administrasi: 762 orang

·         Jumlah mahasiswa S1 dan D3: 23.468 orang

·         Jumlah mahasiswa pascasarjana: 2.417 orang

 

Alumni

Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat

·         Wahyu Nur Hidayat,  Teknik Elektro, pelatih pelatihan guru dan pengajar muda di Indonesia Mengajar IV.

 

Bidang Hiburan dan Media

·         Mario Teguh, Pendidikan Bahasa Inggris, motivator dan CEO Exnal Corp., Jakarta.

 

Lembaga

·         Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)

·         Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3)

 

Unit Pelayanan Teknis (UPT)

·         UPT Perpustakaan

·         UPT Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi

·         UPT Pusat Pengembangan Laboratorium Pendidikan

·         UPT Pusat Pengkajian Pancasila

·         UPT Satuan Penjaminan Mutu

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)

Alamat

Jalan Semarang 5 Malang 65145

Telepon

+62-341-580311

E-mail

ketua.lp2m@um.ac.id

Website

http://lp2m.um.ac.id

                Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang adalah salah satu unit yang bertugas mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga ini merupakan gabungan Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat. LP2M memiliki tujuh pusat kegiatan yakni (1) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Pendidikan (P3P) (2) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Sain Teknologi Industri dan HaKI (PPSTI & HaKI) (3) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Lingkungan Hidup dan Manajemen Bencana Alam (P3LHMBA) (4) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Jender dan Kependudukan (P3JK) (5) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Sosial Humaniora dan Olah Raga (P2SHOK) (6) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan (P3EK) dan (7) Pusat Pengembangan Sumber Daya Wilayah dan Kuliah Kerja Nyata (P2SWKKN).

                LP2M sampai saat ini telah melaksanakan dan melaporkan ribuan kegiatan penelitian dalam berbagai bidang dan pengabdian kepada masyarakat bidang kependidikan dan nonkependidikan pada skala regional maupun nasional. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh dosen tenaga laboran tenaga teknis yang relevan pendidik tenaga ke-pendidikan pejabat pemerintah dan masyarakat. Hasil-hasil kegiatan penelitian dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu dan memecahkan masalah-masalah empiris di tengah masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diarahkan pada pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kompetensi masyarakat sehingga menjadi sumber daya pembangunan lebih mandiri produktif dan kreatif.

                LP2M sudah menjalin jaringan kerja sama yang luas baik dalam skala regional nasional maupun internasional. Pihak-pihak yang telah memiliki kerja sama formal antara lain

(1) Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

(2) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pemerintah Provinsi Jawa Timur

(3) Badan Pe-rencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nunukan

(4) Pemerintah Daerah Kota Batu

(5) Badang Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur

(6) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan

(7) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Probolinggo.

Prestasi dan Program Unggulan

•                   Pemetaan sekolah pemetaan anak jalanan pemetaan potensi industri daerah pemetaan dan pengembangan model investasi sumber daya alam pemetaan dan pengembangan sosial ekonomi dan budaya pemetaan potensi aparatur pemerintah daerah pemetaan dan peng-inderaan jauh dan sistem informasi geografi

•                   Penelitian dan pengembangan kurikulum

•                   Penelitian dan pengembangan pendidikan kecakapan hidup

•                   Pengembangan teknologi dan diversifikasi produk

•                   Pengembangan model dan prototype

•                   Pengujian kualitas lingkungan

•                   Penelitian dan pengembangan pendidikan lingkungan hidup

•                   Penelitian dan pengembangan sekolah hijau

•                   Penelitian dan pengembangan material baru

•                   Studi evaluasi proyek dan program pendidikan

•                   Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang jender

•                   Transformasi muatan iptek melalui penyusunan dan implementasi KBK CTL PTK media dan berbagai pendekatan pembelajaran inovatif

•                   Pelatihan lokakarya pendampingan dan bantuan keahlian kepada tutor penyelenggara kelompok belajar dan pengelola PKBM (serta warga belajarnya) dengan mentransformasikan muatan iptek melalui implementasi manajemen PKBM dan Kejar penerapan andragogi dalam pembelajaran metode dan media pembelajaran orang dewasa.

·                  Pelatihan lokakarya pembinaan kelas khusus magang perkuliahan konsultasi stimulansi modal bantuan akses dan promosi dengan mentransformasikan muatan iptek dalam      AMT versi MacClelland manajemen perintisan usaha kecil pembuatan SKU prinsip-prinsip marketing magang singkat dan stimulansi modal awal

•                   Bantuan dan rekayasa teknologi pelatihan lokakarya bimbingan teknis pendampingan percontohan dan bantuan keahlian berbasis kebutuhan

•                   Workshop penulisan artikel ilmiah oleh jurnal penelitian kependidikan

Publikasi Informasi Ilmiah

•        Kumpulan Judul Penelitian (terbit tiap tahun)

•        Kumpulan Abstrak Penelitian dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (terbit tiap tahun)

•        Jurnal Penelitian Pendidikan (terbit 2 nomor dalam 1 tahun)

•        Jurnal Studi Sosial (terbit 2 nomor dalam 1 tahun)

•        Buku Statistik Perkembangan Penelitian (terbit tiap tahun)

Fasilitas Unggulan

•        Perpustakaan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan dan nonpendidikan

•        Perpustakaan studi jender

•        Jurnal hasil-hasil penelitian para dosen dan tenaga ahli lainnya

c. Kegiatan Kunjungan

Kami mengunjungi Fakultas Psikologi dan disana kami diajari untuk mengenali diri kita sendiri. Mulai dari mengisi angket, menulis apa yang ada di diri kita, hingga berkelompok dua orang melakukan games seru.

2.2 Kunjungan Ke Universitas Muhammadiyah Malang

a.      Waktu dan tempat    

1)      Hari, tanggal kunjungan    : Kamis, 7 Desember 2017

VIDEO VLOG YOUTUBE

Leave a comment

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda
Powered by