Siswa SMAMDA Berhasil Mengalahkan Design Karakter Mahasiswa

Seulas senyum kemenangan tersungging di bibir mungil gadis bernama Heny Lutfiany. Heny, begitu ia biasanya dipanggil, siswa kelas XII MIPA 9, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (SMAMDA) kembali menorehkan prestasinya.

Ahad, (25/02/2018) Ia berhasil menyisihkan 59 peserta Lomba Japanese Design Character untuk menjadi juara I Tingkat provinsi Jawa Timur. Lomba ini dihelat oleh Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) Onigiri UPN Jawa Timur. UKM yang berfokus di bidang bahasa dan budaya Jepang.

“Alhamdulillah, saya tidak pernah menyangka kalau bisa jadi juara satu,” ujar Heny dengan mata berbinar-binar. Menurutnya ini adalah prestasi luar biasa karena bisa mengalahkan mahasiswa.

Sebagai Juara ke-2, Argika mahasiswa Universitas Tujuh belas Agustus (UNTAG)

Juara ke-3, Azro Azizah mahasiswi Institute Teknologi Sepuluh November (ITS).

Juara harapan 1, Syahda Nareswari SMKN 12 Surabaya

Juara harapan 2, Putri Alfisyahrini SMAN 13 Surabaya

Juara harapan 3, Irvan Ferdanto, UPN Jatim

Lomba untuk siswa SMA, SMK dan mahasiswa ini  dilaksanakan di gedung fisip 2 UPN  ini diikuti peserta yang gemar mendesign karakter. Semua peserta diberikan story line.kemudian peserta diminta untuk mendesign karakter terkait storyline tersebut.

Setelah karakter selesai maka peserta memberi nama karakter yang telah dibuat. Hasil karya Heny bernama Kutsugawa Aomi yang berasal dari kata KUsuburu berarti bara, TSUki berarti bulan, tokuGAWA yang merupakan klan terakhir di zaman edo, dan AOMI singkatan dari Aoi Mitsuba atau daun bunga hollyhock yang merupakan lambang dari klan Tokugawa.

“Teknik gambar dan estetika karya Argika memang sedikit lebih bagus jika dibandingkan Heny, hanya saja tema karakter dan story line yang dibuat Heny memukau juri,” terang Vyolita, salah satu juri. “Heny mampu mengkaitkan karakternya dengan sejarah tokugawa, marga terakhir di zaman edo (1976), sehingga karakter yang dibuat semakin kelihatan nyata dan hidup,” tegasnya.

Storyline kepunyaannya menceritakan bagaimana tokoh yang ia buat (Aomi) menjadi tokoh protagonis yang bisa bertemu dengan Maskot utama dari UKM onigiri (Kirana)  dan mengapa tokoh buatannya membantu Kirana dengan bergabung menjadi salah satu timnya.

Heny, memang berhobi menggambar sejak kecil, kelas 4 SD dia baru tahu apa itu komik, sejak saat itu dia mulai menggambar komik. Menurut Dio Yulian Sofansyah, S Pd, pembina Japanese Conversation Club (JCC) yang juga guru sejarah, Heny adalah anak yang cerdas, bisa cepat menghafal sejarah dan gambar designnya bagus.

“Sebelum lomba, Heny rajin belajar sejarah jepang, meskipun harus membagi waktu untuk belajar mempersiapkan penilaian dan ujian, ” ungkap Dio. “Ia berlatih keras untuk lomba ini karena ingin memberikan persembahan prestasi untuk SMAMDA di tahun terakhirnya menjadi siswa SMAMDA,” tandasnya (Puspitorini)

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda