Smamda Memberikan Workshop Penulisan Berita Basis Digital

Musthofa Agus S, A.P., S.Kom., M.M.

Hendy bayu P. S.S., M.Pd

Surabaya – SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) menyelenggarakan Workshop Jurnalistik Online pada hari Jumat (13/10/2017) di ruang kelas lantai 1 guesthouse Smamda.

Selain mampu memahami hal-hal seputar jurnalistik, workshop ini bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa tentang strategi menulis berita online. Jadi siswa dapat pengetahuan baru tentang kaidah penulisan jurnalistik online yang belum diketahui oleh siswa.

“Saya mendapatkan ilmu baru tentang penulisan teks berita terutama penulisan judulnya. Selama ini saya sudah membuat teks berita yang tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik. Seperti contoh teks berita tidak dianjurkan diawali oleh when tetapi memakai who.” ujar salah satu peserta Workshop Jurnalistik Online tersebut.

Peserta workshop Jurnalistik Online ini sebanyak 20 siswa yang terdiri dari siswa kelas X dan XI. Peserta ini merupakan pilihan dari walikelas dan inisiatif dari siswa itu sendiri.

Workshop yang dipelopori oleh tim kreatif Smamda ini terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 07.30 sampai 11.00 WIB. Sesi kedua mulai pukul 12.30 sampai 14.00 WIB.

Sesi pertama peserta diberikan pengetahuan tentang jurnalistik online dan praktik menulis berita dan judul berita sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Sesi kedua peserta diajari tentang mengentri berita yang sudah dibuat ke dalam media online, seperti website Smamda. Pada sesi kedua ini siswa sudah dibuatkan akun di website Smamda sehingga bisa langsung memasukan berita di website tersebut.

Smamda
Author:

I Am the Admin

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: