Smamda Surabaya Raih Juara Kontes Robotik di Singapura

Smamda sebutan populer SMA Muhammadiyah 2 mengantarkan lima siswanya meraih juara II di ajang The 27th Singapore Robotic Games 2020 di Nanyang Polytechnic, Singapore, Rabu-Kamis (5-6/2/2020).
Lima siswa itu Dhimas Alief, Muhammad Ardhana P, Ghifary Irtiza, Danendra Devauji, dan Muhammad Putra Arshelino. Mereka juara di kategori underwater open category dan sumo auto open category. Acara diikuti 120 tim dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, hingga India. Ditemui di sekolahnya, Sabtu (8/2/2020), kelima siswa Tim Robotika Smamda itu menceritakan pengalaman meraih juara II di ajang kompetisi robot di Singapura itu. Dhimas Alief mewakili rekan-rekannya mengatakan, tidak hanya Smamda yang mewakili Indonesia, ada beberapa sekolah atau perguruan tinggi yang ikut. Seperti Institut Sepuluh November Surabaya (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), SMP Negeri 1 Surabaya, dan lainnya. Dhimas maupun lainnya dilatih selama satu bulan oleh Dhanang Setya Budi untuk mempersiapkan keterampilan robotikanya. Akhirnya mereka mengikuti tiga kategori dari sepuluh kategori yang dilombakan di ajang robotika ini.

Misi Para Robot

Menurut Dhimas, tiap robot harus menjalankan misi. Misalnya, robot kategori autonomus sumo merupakan robot yang telah diprogram, sehingga saat perlombaan tinggal menekan tombol saja. ”Robot diduelkan dengan peserta lainnya. Robot yang keluar ring dinyatakan kalah. Persiapannya pun membutuhkan waktu 1-2 jam,” ujarnya. Sedangkan untuk kategori underwater, sambung dia, robot diletakkan di akuarium berbentuk L dan berisi air. Di ujung akuarium terdapat kelereng. Setiap kelereng dipindahkan ke ujung akuarium. Jika berhasil maka mendapat poin. Dikatakan Dhanang, perjuangan itu dialami penuh dengan ketegangan. Pasalnya, pada saat perebutan juara 1 sensor robot sumo pecah. “Kami sempat khawatir, namun kami saling menyemangati akhirnya kami bisa melewatinya,” pungkasnya. Sementara Kepala Smamda Surabaya Astajab merasa bangga kepada siswanya yang telah berprestasi di ajang internasional. “Alhamdulillah lagi tim robotika dapat mengharumkan nama sekolah. ”Saya ucapkan terima kasih, tetap dan terus berprestasi, tentunya jangan puas diri,” katanya. (*) Penulis Masitha Gemilang
Author:

I Am the Admin

Leave a comment

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda
Powered by