Talkshow Radio Smamda Ajang Berlatih Jadi Presenter

-Salah satu ekstrakurikuler unggulan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) adalah broadcasting atau siaran. Salah satu kegiatannya adalah latihan menjadi presenter yang diadakan Smamda Radio. Bertema Be A Spirit Creative Inspiring Youngster digelar talkshow public speaking di Koridor Coworking Space Siola lantai 3, Kamis (9/8/2018).

Acara ini dihadiri ratusan siswa SMP se-Surabaya. Narasumber mengundang alumni Smamda yang sukses di dunia broadcasting. Mereka adalah Anugrah Muhammad dan Ellysa Maghda (penyiar EBS FM), Faiz Kevin (Cak Surabaya 2017), Grezia Zumarda dan Dania Assegaf (Presenter BBS TV), Nadia Afina (Finalis Miss Celebrity).

Kepala Smamda Astajab menjelaskan, talkshow kali ini berbeda dengan sebelumnya karena narasumbernya alumni sendiri. “Sekarang mereka sudah sukses di dunia broadcasting atau entertain. Saya berharap mereka dapat memotivasi anak-anak muda untuk menggali potensi mereka di bidang public speaking,” katanya.

Kegiatan ini, sambung dia, juga dimaksudkan untuk mengenalkan kepada siswa SMP kegiatan ekstra kurikuler broadcasting. Diharapkan banyak dari mereka yang ingin mengembangkan bakatnya di bidang ini melanjutkan studinya di Smamda.

Acara berlangsung meriah dan heboh. Fariz Kevin, alumni 2015 mengatakan, mengikuti ekstra broadcasting Smamda menjadikan bakatnya berbicara di depan umum bisa terasah dengan baik. Kini dia sering mendapat tawaran untuk membawakan acara-acara penting.

Narasumber memberikan tips kunci sukses menjadi presenter. Tidak sekadar teori, namun peserta diminta mencoba menjadi MC, penyiar radio, dan presenter. Percaya diri, branding diri, intonasi suara, kemampuan berbahasa asing dan teknik penggunaan mikropon saat siaran,” ujarnya.

Keseruan terjadi ketika peserta unjuk bakat. Seorang siswa dari SMP Negeri 17 Surabaya mengungkapkan, acara ini bermanfaat bagi dirinya. “Di sini saya tahu cara untuk percaya diri saat tampil di depan orang banyak sehingga kepercayaan diri saya bertambah,” katanya.

Manfaat talkshow juga dirasakan oleh Farriel Kemal, siswa SMP Muhammadiyah 3 Waru. Tips tampil menjadi presenter bermanfaat untuk anak-anak muda yang berlatih bicara di depan umum. (Tanti/Masitha)

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda