Ujian Praktek Manasik Haji Kelas XII

SMAMDA – Rasanya sudah seperti sudah memasuki musim haji, kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Surabaya melakukan kegiatan wajib menjelang Ujian Nasional. Ujian Praktek Manasik Haji pada hari sabtu 8 Februari 2020. Betempat di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, mereka memulai dengan simulasi terlebih dahulu, tujuannya adalah supaya ketika ujian berlangsung bisa maksimal dan tidak mengulang.

Seluruh Peserta dikelompokkan berdasarkan kelas. kelas jumlah sedikit digabung dengan kelas lainnya. dan waktunya juga dibagi. Pukul 06.00 hingga 08.30 untuk peserta puteri dan 09.00 hingga 12.30 untuk peserta putera. selama menjalani ujian praktek, mereka selalu didampingi oleh guru pendamping dan guru penguji.

Berkumpul di  Masjid Al Mabruri, para peserta memulai persiapan dengan mengenakan pakaian yang ihram dengam tanpa alas kaki dan membawa 21 buah batu kecil yang akan dipergunakan untuk melempar jumrah.

Persis seperti dalam keadaan berhaji, peserta manasik hai diwajibkan hafal niat, do’a dan bacaan talbiyah selama pelaksanaan ujian praktek berlangsung. Diawali dengan Thawaf mengelilingi ka’bah, menuju maqam ibrahim dan minum air zamzam, dilanjutkan dengan sa’i di bukit shafa dan Marwah, setelah itu bermalam di muzdhalifah, melempar jumrah dan yang terakhir tahalul.

Disetiap perjalanan, tak lupa para peserta membaca takbir dan selalu menjaga kekompakan, dan menjaga kekhusyuan hingga mereka mendapat nilai dari para guru penguji.

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda
Powered by