Gelar Funtalk English Conversation Club, Smamda Hadirkan Bioscientist dari Jerman

Smamda –  Gelar Funtalk English Conversation Club ECC), SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya menghadirkan Bioscientist dari Jerman, Sabtu, (8/6/2024) .

ECC Smamda menggelar acara menarik bertajuk Funtalk Vol.1: Cultural Exchange and Exploring The World of Science with Jessica Rosolowski yang berlangsung di ruang kelas XII MIPA 5 Smamda Tower ini adalah salah satu ekstrakuler bidang bahasa Inggris untuk kali pertamanya.

Acara yang didukung oleh ECC Cross Generation (Ikatan Alumni ECC) sudah direncanakan untuk dilaksanakan pada akhir semester genap ini. Acara tersebut menghadirkan Ilmuwan biologi dari Jerman Jessica Rosolowski yang saat ini bertugas sebagai Scientific Officer di German Animal Welfare Association.

Jessica membagikan wawasan berharga tentang pengelolaan limbah dan kesejahteraan hewan, yang memperkaya pemahaman anggota ECC tentang isu global dan budaya yang beragam. Selain itu, dia juga menceritakan pengalaman perjalanannya yang luas di Asia, termasuk kunjungan ke Korea Selatan, Taiwan, Australia, Bali, dan kunjungannya ke Surabaya selama 2 pekan.

Selama acara, anggota ECC terlibat dalam diskusi dengan Jessica tentang alternatif pengujian obat dan kosmetik tanpa menggunakan hewan, serta pentingnya pengelolaan limbah rumah tangga dan industri untuk mencegah pencemaran air.

Diskusi ini memperdalam pemahaman anggota ECC tentang inovasi dan tanggung jawab lingkungan di berbagai bidang. Anggota ECC semakin akrab dengan Jessica, mereka juga merasakan keceriaan saat berbagi camilan khas Indonesia dengan Jessica, yang ternyata sangat disukainya karena ramah bagi vegan.

Jessica menyampaikan rasa terima kasih atas keramahan, energi  para anggota ECC, ia juga berterima kasih atas bingkisan yang diberikan oleh Smamda kepadanya.

“Thank You for Inviting Me Today to come to your school. I love the energy that you guys are giving, also thanks for the gift, cause it’s definitely useful for me,” ucapnya.

“In my journey, it’s hard for a vegan like me to buy a coffee with a plant based milk, with this mug I could just make it my own and bring it everywhere so I’ll definitely remember you guys when I used the mug, thank you,” imbuh lulusan Technische Universität Dresden Master of Science-MS bidang Hydrobiology

Jessica senang diundang ke Smamda. Dia menyukai kehangatan dan antusiasme anggota ECC. Dia juga berterima kasih atas souvenir yang diberikan tentunya akan sangat berguna bagi dirinya yang seorang vegan untuk membuat kopi sendiri.

Pelatih ECC Smamda Gagas Refiandy Satrya STrT mengungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran Jessica di Forum ECC.

Dia menekankan pentingnya kegiatan semacam ini dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa dan mempersiapkan anggota ECC untuk tantangan global di masa depan. Alumni Smamda tahun 2016 berharap acara Funtalk ini bisa dilaksanakan setiap semester.

Presiden ECC Latifah Husna Faizi mengucapkan terima kasih kepada para alumni atas partisipasi mereka. Siswa 10.1 berharap agar kerja sama antara ECC dan alumni dapat terus berlanjut.

Ketika ditanya tentang paparan Jessica, dia sangat antusias. “Saya sangat senang dapat berbicara dengan Jessica, ” ungkap Fia sapaan akrabnya.

Dia belajar lebih banyak tentang asal negara Jerman, apa yang Jessica lakukan sebagai ahli biosains, fokus studinya dalam karirnya, dan Ia juga mendapat beberapa wawasan tentang perguruan tinggi/universitas di Jerman.

Siswa kelas 11.4 Sekar Widya Maheswari menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Funtalk ini. “Saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini, seru dan menyenangkan,” ungkapnya.

Dia mengaku mendapat pengetahuan baru tentan Jerman, tidak hanya itu dia juga mengetahui apa yang dilakukan Jessica sebagai bioscientist.

Secara keseluruhan, acara ini memberikan pengalaman yang memuaskan bagi anggota ECC, sebagai tempat tidak hanya untuk berlatih bahasa Inggris, tetapi juga untuk menjalin persahabatan global dan memperkaya sudut pandang. (*)

Penulis Gagas RS dan Tanti Puspitorini