Smamda Surabaya Sumbang 12 Medali Kontingen Jawa Timur di Olympicad 2024

Smamda – Smamda menyumbang 12 medali kontingen Jawa Timur dalam Olympicad Ke-7 2024 di Bandung, Rabu-Jumat (6-8/3/2024).

SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya turut menyumbang 12 medali yang menempatkan kontingen Jawa Timur menjadi juara umum III Olympicad.

Medali tersebut terdiri dari 6 medali emas, 2 perak, dan 4 perunggu. 2 medali emas diraih oleh 2 tim Business Plan. Tim pertama dengan anggota Idzah Wildan Rahmanuh kelas 11.6 dan Fabian Lucky Ariansyah kelas 11.8.

Tim kedua dengan anggota Raphaell Briliansyah Prakoso kelas 11.8 dan Romzy Norman kelas 11.2. Medali emas juga diraih oleh Safira Azaria Putri kelas 11.2 di kategori lomba Ismu in English.

Dua medali emas berikutnya diperoleh dari olimpiade mata pelajaran, yaitu ekonomi atas nama Keisha Kirana Al Aqilah (10.12) dan biologi atas Shafa Kamilah Azalia Zahrani (10.3).

Tak mau kalah, tim robotika kategori Maze Solver juga turut menyumbangkan 1 medali emas dengan tim yang beranggotakan Muhammad Fakhruddin kelas 10.1 dan Raihan Azizdzaki kelas 10.4.

Untuk medali perak disumbang dari olimpiade matematika atas nama Nirmala Sari Zahiroh kelas XII MIPA 4 dan bidang lomba majalah sekolah dengan anggota Elrica Parisya Athaya Hamami kelas 11.7 dan Farah Amelia kelas 11.6.

Selanjutnya, olimpiade matematika Favian Zada Putra kelas 10.12 dan Ismu in Arab Ummu Hani Assegaf kelas 10.10 mendapat perunggu. Begitu pun kategori Maze Solver juga turut menyumbangkan perunggu atas nama Muhammad Rezvan Chauzar kelas 10.2.

Tidak mau kalah dengan siswanya, guru biologi Smamda Putri Nuur Masita MPd juga turut menyumbangkan medali perunggu di bidang lomba Inovasi Media Pembelajaran.

Kepala Smamda H Astajab SPd MM merasa bersyukur dan berterimaksih kepada kontingan Smamda, orangtua, dan guru pembina/pendamping. “Semoga ajang Olympicad Ke-7 tahun 2024 ini akan membuka prestasi-prestasi yang lainnya,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Raditya Sukmana orangtua dari Muhammad Fakhruddin kelas 10.1. Dia mengaku bahagia sekali dengan torehan prestasi putranya di ajang Olympicad ini.

“Alhamdulillah, saya merasa bahagia sekali. Ini menjadi modal Fahri untuk kedepannya melalui tantangan-tantangan yang lebih tinggi. Olympicad Ke-7 ini tentu memberikan pelajaran untuk anak-anak agar memiliki mental yang kuat,” tegas Dosen Ekonomi Islam Universitas Airlangga ini. (*)

Penulis Hajjar Ekasari. Editor Ichwan Arif.