Darul Arqam Virtual Bahas Tips dan Trik Dakwah

Smamda – Darul Arqam virtual digelar SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya yang digelar empat hari, Kamis-Ahad (15-18/4/2021). Darul Arqam 1442 H Smamda Surabaya tahun ini dilaksanakan secara virtual sehingga para siswa dapat mengikuti dan mencari keberkahan Ramadhan di rumah masing-masing.

Ketua Panitia Darul Arqam Ramadhan 1442 H, Ustadz Agus Eko Winanto SE menjelaskan, acara ini adalah kegiatan Pesantren Ramadhan yang diadakan tiap tahun. Hanya tahun 2020 terhenti karena puncak wabah Covid-19. Tahun ini diadakan secara online dengan menampilkan pembicara dan topik bahasan yang menarik bagi siswa.

Pesantren Ramadhan dibagi menjadi tiga bagian. Baitul Arqam untuk kelas X, XI, dan Ramadhan Mubarak untuk kelas XII. Kali ini diikuti oleh 470 siswa kelas XI. Gus Win, panggilan akrab Ustadz Agus Eko Winanto mengatakan, acara ini sebagai sarana penanaman nilai keislaman dan karakter bagi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

”Acara ini bertujuan mengisi kegiatan siswa di bulan Ramadhan dengan positif. ”Pas kan temanya Menggapai Ridho Ilahi dengan Ibadah Ramadhan di Masa Pandemi Covid-19. Jadi insyaallah akan menjadi pembelajaran yang luar biasa dan positif,” katanya.

Hari pertama diawali disampaikan Wakil Kepala Smamda Surabaya sekaligus guru Ismuba Ustadz Sulaiman tentang shalat sunnah yang dianjurkan. Dilanjutkan siang harinya materi tuntunan Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Sjamsu. Terakhir materi tips dan trick berdakwah disampaikan oleh Ustadz Sholihin Fanani.

Hari kedua materi Mengenal Aliran-Aliran Sesat di Indonesia disampaikan Ustadz Suhadi.  Materi terakhir Adab Komunikasi dengan Lawan Jenis Bukan Mahramnya. Dipandu oleh Ustadz Maurice Anantatoer,  materi disampaikan oleh Ustadz Alif.

Salwa Fatharani, siswi kelas XI MIPA 4, mengatakan, baginya kegiatan ini materinya sangat bermanfaat bagi remaja. ”Terutama materi kelima dari Ustadz Alif, temanya related dengan masalah sehari-hari kami dan teman-teman. Ustadz Alif dan Ustadz Maurice juga membawa acaranya dengan humor sehingga kami bersemangat,” katanya.

Penulis Zarkasih

Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda