Dua Siswa Smamda Surabaya Juara Lomba Newscaster

Smamda – Dua Siswa Smamda Surabaya Juara Lomba Newscaster. Lomba dalam ajang Laksamana 2021 ini digelar secara online oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Sabtu (6/11/2021).

Kedua siswa SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya itu adalah Rachmi Rania Rahadatulaisyi, siswa X MIPA 3 yang menjadi juara II dan Elga Ignafia, siswa XI MIPA 7, sebagai juara III. “Saya tidak menyangka bisa dapat juara karena pesertanya keren-keren,” ucap Elga saat dihubungi PWMU.CO, Rabu (24/11/2021).

Dia menjelaskan pesaing terberatnya adalah peserta dari Pekanbaru yang ternyata menjadi juara pertama. “Sempat berpikir tidak juara,” kenang siswa yang hobi bercuap-cuap di muka umum ini.  Terkait persiapan lomba, menurutnya cukup singkat. Karena itu setiap ada waktu luang ia gunakan untuk berlatih. Saat pembuatan video untuk babak penyisihan ia mengaku tidak ada kendala yang berarti. Semua berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan.

Rachmi Rania juga menyatakan hal yang sama soal kemenangannya. Ia tidak menyangka biasa menjadi juara II, mengungguli seniornya. Ia sependapat dengan Elga bahwa pesaing terberatnya adalah peserta dari Pekanbaru. Dia mengaku menyiapkan banyak hal. Latihan membaca yang dibantu pembina dan alumni. Lalu membuat naskah ia lakukan sendiri dan mempersiapkan baju yang akan dipakai. “Mama pun ikut membantu menyiapkan kamera supaya angle-nya pas,” ujarnya.

Berlatih Keras

Pelatih Ekstrakurikuler Broadcasting Smamda Meriana Chandra Kurniasari MPd bersyukur siswa Smamda selalu mendapat juara di setiap even. Salah satu kunci suksesnya adalah berlatih keras.

“Ketika ada lomba memang porsi latihan ditambah. Tidak hanya saat jadwal ekskul tetapi di hari lain juga. Elga dan Rachmi memang rajin berlatih. Karena itu saya optimis jika keduanya menjadi juara,” terangnya.

Meriana menerangkan, Laksamana 2021 melombakan empat kategori. Yaitu Naskah Film Pendek, Newscaster (Penyiar), Photo Essay, dan Digital Poster. Even yang bertujuan untuk mengenalkan beberapa jurusan di Ilmu Komunikasi UGM kepada siswa siwi SMA ini diikuti peserta dari berbagai kota. Di antaranya Surakarta, Malang, Pekanbaru, Surabaya, Jakarta, Gombong, Kediri, Denpasar, dan Jombang.

”Untuk New Ccaster diikuti 30 peserta. Lomba ini dilaksanakan dalam dua babak yaitu penyisihan dan utama,” ujarnya. Babak penyisihan dilaksanakan dengan cara mengumpulkan video pembacaan naskah berita dengan teks yang sudah disediakan oleh panitia. Selaian itu juga mengumpulkan naskah berita bertema Hoax di Masa Pandemi yang akan dibaca bila peserta lolos babak penyisihan.

“Pada babak Ini diambil 15 peserta. Babak utama dilaksanakan dengan cara membacakan teks berita di depan dua orang juri yang dilaksanakan di Zoom,” kata dia.

Pemenang Newscaster

  • Juara I Cintya Cristina (SMA Dharma Loka, Pekanbaru)
  • Juara II Rachmi Raina Rahadatulaisyi (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)
  • Juara III Elga Ignafia (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Selamat! (*)

Penulis Tanti Puspitorini

smamda
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda