FISA Smamda ke Batu, Siswa Dapatkan Ilmu bidang pertanian.

Smamda – FISA (Field Trip Study Activities) SMA Muhammadiyah 2 Surabaya kali ini berkunjung ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropik (Balitjistro) Batu, Rabu (26/10/2022).

Acara diikuti 344 siswa kelas XI. FISA kegiatan rutin program kurikulum yang wajib diikuti para siswa. Bertema Back to Nature, FISA kelas XI berkolaborasi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia (kelas reguler), Bahasa Inggris (Kelas Internasional), PKWU, dan mata pelajaran masing-masing peminatan (MIPA/IPS).

Usai acara, siswamendapat tugas untuk mempresentasikan hasil Field Trip Study Activities dan membuat video Tiktok.

Wakasek Kurikulum Syuhada Ishak Abilio Gomes menerangkan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam pembelajaran akademik khususnya di bidang pertanian.

”Ini para siswa diajak terjun ke balai penelitiannya, agar mereka paham secara langsung,” tuturnya.

Awal kunjungan mereka diajak ke Balitjistro. Terletak di Batu. Di sana mereka memperoleh berbagai materi yang tidak didapatkan di kelas.

Seperti, budidaya jeruk, sumber daya genetik jeruk, pembenihan, dan lainnya. Tentu saja, hal ini disambut antusias oleh siswa. Mereka juga bisa memetik jeruk di kebun dan dimakan di situ.

Setelah puas di Balitjistro, para siswa diajak ke BPTP. Tidak kalah serunya, di tempat ini mereka diajari berhidroponik, budidaya sayur dan tanaman, budidaya ayam kampung unggul, serta pasca panen.

Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Ada hal menarik dan seru di materi pasca panen. Selain mereka diajari materi, juga praktik membuat olahan mi sayur daun kelor dan bakso jamur. Tentu para siswa sangat senang karena setelah praktik mereka dapat merasakan hasil kreasinya.

Valerian Yassar, siswa kelas XI MIP 5 Smamda Surabaya menyambut FISA gembira mengikuti acara ini dan mempersiapkannya secara matang.

”FISA kemarin seru banget, bisa belajar sambil mempraktikkan ilmu-ilmu yang baru didapat,” ujarnya. Baginya, FISA ini tidak sekadar belajar, sekaligus refreshing. ”Nggak cuman belajar aja, tapi juga bisa jalan-jalan sembari menenangkan pikiran setelah mempelajari banyak ilmu. Ditambah view yang bagus di sana.” imbuhnya.

Penulis Masitha Gemilang 

smamda
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda