FISA Virtual Smamda Surabaya ke BEI dan Tiga Kampus Favorit

SMAMDA – FISA Virtual Smamda Surabaya ke BEI dan Tiga Kampus Favorit. Tak kalah menarik dengan kunjungan langsung tatap muka seperti sebelum ada pandemi Covid-19.

SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya menggelar Field Trip Study Activities (FISA), Senin (5/4/2021). Kegiatan rutin tengah semester tiap tahun itu, kini diadakan secara virtual melalui Zoom Clouds Meeting dan live melalui kanal YouTube smamda.id.

Kepala Smamda Surabaya Astajab menjelaskan, FISA biasanya dilakukan dengan kunjungan ke bebarapa tujuan. “Karena pandemi Covid-19 ini belum berakhir jadi kegiatan ini dilakukan secara virtual,” ungkapnya.

Menurut dia, FISA bertema ‘Designing Future Success by Virtual Institutional Visits’, ini dikemas sebagai hasil kolaborasi pelajaran Bimbingan Konseling (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan beberapa mata pelajaran di peminatan MIPA, IPS, dan Bahasa. Ketua FISA Virtual 2021 Anita Diah Anggriani menambahkan, FISA bertujuan untuk meningkatkan pencapaian pembelajaran melalui kemampuan mengorganisasi, karena menggunakan pembelajaran secara langsung.

Dia menjelaskan, kegiatan yang diikuti siswa kelas X ini juga sebagai upaya memberikan bekal dan memotivasi siswa untuk menimba ilmu di masa yang akan datang. “Mumpung masih kelas X jadi mereka kami beri bekal terkait perguruan tinggi jadi mereka bisa mempersiapkan dari sekarang,” katanya. Hal itu dibenarkan oleh Astajab, “Kami berharap para siswa menyiapkan lebih awal untuk masuk ke perguruan tinggi. di samping itu para siswa juga memiliki gambaran program studi dan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya.”

FISA Virtual Smamda Surabaya ke BEI dan Tiga Kampus Favorit. Hendra Pamungkas Jovianto, Market Development Division Indonesia Stock Exchange BEI. (Hajjar Ekasari/PWMU.CO)

Kunjungi Tiga Kampus dan BEI

Beberapa institusi yang menjadi tujuan FISA virtual adala Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Seluruh siswa kelas X yang berjumlah 388 siswa berkunjung ke ITS dan BEI. Kemudian, dilanjutkan ke IPB yang diikuti 315 orang, ke Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip 32 orang, dan ke Fakultas Psikologi Undip 41 orang.

Menurut Zayyan Hasya Tazakka, siswa X MIPA 1. kunjungan ini menarik dan meningalkan kesan tersendiri. “Menarik terutama di bagian Indonesia Stock Exchange Bursa Efek Indonesia. Kemudian untuk yang ITS dan IPB cukup berguna untuk menyiapkan diri masuk di kampus tersebut.” katanya. (*)

Penulis Masitha Gemilang

Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda