Guru Smamda Juara 1 Lomba Penulisan Soal Matematika

Smamda – Guru Smamda Surabaya (SMA Muhammadiyah 2 Pucang), Hajjar Ekasari MPd dan Yuli Mulyanah M Pd, meraih juara 1 lomba penulisan soal Matematika berbasis AKM.

Lomba penulisan soal Matematika berbasis AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Provinsi Jawa Timur secara online.

Lomba berlangsung kurun waktu Juli-Agustus 2021. Pengumuman pemenang bersamaan dengan acara pembukaan Rapat Koordinasi MGMP Matematika SMA Provinsi Jatim di Batu Malang, Sabtu (13/11/2021).

Lomba ini dilaksanakan sebagai proses kelanjutan dari Diklat pembuatan soal-soal AKM guru Matematika pada tanggal 2-5 Juni 2021 diselenggarakan oleh MGMP Matematika SMA Provinsi Jatim.

Lomba dibagi menjadi dua kategori. Yaitu Matematika Wajib dan Matematika Peminatan. Materi Matematika Wajib dan Matematika Peminatan berpedoman pada Kisi-Kisi EHB-BKS yang diedarkan Diknas Provinsi Jatim Tahun 2021.

Lomba dikoordinasi dan direkomendasi oleh pengurus MGMP Matematika SMA kabupaten/kota. Peserta lomba adalah tim yang dibentuk oleh pengurus MGMP Matematika SMA kabupaten/kota. Satu tim beranggotakan 5 orang guru. Satu tim boleh mengikuti dua kategori. Yaitu: 1 paket soal Matematika wajib dan 1 paket soal Matematika peminatan.

Setiap kabupaten/kota wajib mengikuti lomba ini. Minimal 1 paket Matematika wajib serta 1 paket Matematika peminatan. Kota Surabaya mengirimkan 1 paket Matematika Wajib dan 1 paket Matematika Peminatan.

Guru Smamda Surabaya Hajjar Ekasari dan Yuli Mulyanah tergabung dalam tim penulisan paket soal Matematika Wajib bersama tiga anggota lainnya, yaitu Heni Mamuko SPd dari SMAN 8 Surabaya, Indah Yulianingsih SPd dari SMA Shafta Surabaya, dan Bambang Susanto MPd dari SMAN 13 Surabaya.

Sedangkan tim Matematika Peminatan Kota Surabaya yang juga meraih juara 1. Dikomandani oleh Ari Mangestoe Juani MPd dari SMAN 22 Surabaya. Anggota Dwina Nur Widayanti MSi dari SMA IPIEMS Surabaya, Suhardy SPd dari SMAK Santa Agnes Surabaya, Winarmi SPd dari SMAN 4 Surabaya dan Ayu Palupi Wintosari SPd dari SMAN 11 Surabaya.

Penilaian Lomba

Penilaian penulisan soal Matematika berbasis AKM ini meliputi kesesuaian dengan kisi-kisi soal EHB-BKS 2021, kesesuaian dengan bentuk soal AKM, kaidah umum penulisan soal, kerapian soal, dan orisinalitas soal.

Sebagai koordinator tim Matematika wajib, Hajjar Ekasari membagi tugas untuk semua anggotanya. Banyaknya nomor soal di dalam kisi-kisi EHB-BKS ada 35 nomor. Tiap anggota tim kebagian jatah 7 nomor soal.

Di dalam kisi-kisi terdapat indikator soal meliputi: ruang lingkup materi, konteks dan konten (jenis stimulus), level kognitif (knowing, applying, reasoning), dan bentuk soal (pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian jawaban singkat, dan uraian). Setelah anggota selesai menuliskan soal, maka soal digabungkan jadi satu dan divalidasi bersama-sama, apakah sudah sesuai.

Guru Smamda Surabaya, Yuli Mulyanah, menyatakan, kesulitan penulisan soal berbasis AKM adalah menuliskan stimulus yang sesuai dengan kisi-kisi EHB BKS, apakah personal, sosial budaya, saintifik intra, atau saintifik ekstra.

”Namun di balik kesulitan itu, ada hikmah yang bisa diambil, yaitu harus lebih banyak membaca, mencari stimulus yang sesuai dan menambah pengalaman,” katanya.

Guru asal Palu Sulawesi ini mengatakan, bangga bersama kelompoknya bisa meraih juara 1. ”Tidak sia-sia perjuangan timnya menyelesaikan paket soal Matematika wajib berbasis AKM,” ujarnya.

Muhammad Syamsul Ma’arif, Ketua MGMP Matematika SMA Kota Surabaya tak kalah senangnya.”Alhamdulillah, tim kota Surabaya sukses semua. Insyaallah barokah,” ucap guru Matematika SMAN 2 Surabaya ini.

Pemenang Lomba

A. Kategori Matematika Wajib

  1. Juara 1 Kota Surabaya
  2. Juara 2 Kota Kediri
  3. Juara 3 Kabupaten Bojonegoro

B. Kategori Matematika Peminatan

  1. Juara 1 Kota Surabaya
  2. Juara 2 Kabupaten Kediri
  3. Juara 3 Kabupaten Lamongan

Penulis Hajjar Ekasari 

smamda
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda