Meriahnya Smamda Cup

BAHAGIA: Dari kanan, Pramitha Dwi, dan muridnya saat wawancara (Ravael/Dok. Pribadi)

Smamda – Semarak SMAMDA Cup 2023 dirasakan dari segala titik di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Pasalnya, kompetisi bergengsi tahunan yang sempat terhenti selama tiga tahun sejak pandemi tersebut  akhirnya dapat  dilaksanakan kembali sejak Sabtu (7/1) hingga Sabtu (14/1) lusa di Smamda Tower, Pucang, Surabaya. Terbukti dari antusiasme peserta maupun penonton yang memadati sejumlah lantai di gedung tersebut.

Ada yang menarik pada acara yang dibuka oleh Kepala Smamda Surabaya tersebut. Dimana pesertanya tidak mesti berlatar belakang sekolah Muhammadiyah. Alhasil, tercatat setidaknya ada ribuan peserta yang terjaring di jenjang SMP/MTs-negeri/swasta se-Surabaya Raya. Kesemuanya terbagi dalam 13 cabang lomba dengan 4 kategori. Kategori Olahraga, Akademik, Seni dan Religi.

Di cabang lomba pidato Bahasa Inggris misalnya, tidak hanya diikuti oleh peserta beragama Islam, tapi ada juga yang beragama Katolik. Menurut Bagas Refiandy, penanggung jawab lomba pidato Bahasa Inggris, pihaknya tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Karena sejak awal di smamda cup ini fokus utamanya adalah memberikan tempat bagi anak- anak dari berbagai latar belakang untuk dapat mengekspresikan diri mereka,” kata pria yang juga melatih ekskul English Club di Smamda itu.

Sementara itu, Pramitha Dwi, pembina dari SMP Katolik (SMPK) Santo Yusup Tropodo mengatakan sangat bahagia muridnya masuk lima besar. “Jelas senang dan bahagia sekali!. Pesertanya bagus-bagus semua, bikin deg-deg ser. Dengan peserta yang jumlahnya lebih dari 30, kualitas yang tidak main-main, akhirnya bisa tembus lima besar.  Itu  sudah  pencapaian  luar  biasa,”  ucap  Mam Itha,  begitu  ia  biasa disapa oleh murid- muridnya.

Masih dalam suasana bahagia, Andini Puspa, siswi kelas 8 SMPK Santo Yusup menceritakan kesannya bisa sampai di titik tersebut. “Jujur aja aku kaget, karena awalnya tidak percaya diri sekali. Bahkan bisa masuk lima besar itu sudah di luar ekpektasi aku. Sejauh ini bersyukur itu yang utama.” terangnya sumringah.

Keempat perwakilan sekolah lainnya, yang juga masuk lima besar adalah SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya dengan dua peserta yang lolos, serta SMP Muhammadiyah 18 Surabaya, dan SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik yang masing-masing mewakilkan satu peserta.

Moch. Ravael Rayyan Sandi (SMP Muhammadiyah 18 Surabaya)  Juara 1 Lomba Jurnalistik Smamda Cup 2023

smamda
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda