Naik 112 Persen Siswa Smamda Surabaya yang Lolos SNMPTN

Smamda – Naik 112 Persen Siswa Smamda Surabaya yang Lolos SNMPTN. Sebanyak 34 siswa SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya lolos SNMPTN 2021.

Koordinator Bimbingan Konseling (BK) Syahida Azmi Rumbia SPd mengatakan jumlah siswa yang diterima tahun ini mengalami kenaikan 112,5 persen dibanding tahun lalu.  “Alhamdulillah, untuk tahun ini siswa yang diterima SNMPTN mengalami kenaikan. Tahun 2020 lalu siswa Smamda Surabaya yang diterima lewat jalur SNMPTN hanya 16 siswa. Tahun ini 34 siswa. Jadi naik 112,5 persen,” ujarnya, Kamis (25/3/2021). Dia menambahkan, jumlah siswa eligible—siswa yang berhak mendaftar SNMPTN—sebanyak 140 siswa. Dan yang lolos adalah 34 siswa atau 24.3 persennya.

Dari jumlah itu, 18 siswa diterima di Universitas Airlangga (Unair), satu siswa di Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), satu siswa di Institut Teknologi Bandung (ITB), satu siswa di Institut Pertanian Bogor (IPB), dan dua siswa di Universitas Brawijaya (UB). Selanjutnya, lima siswa di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), satu siswa di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, empat siswa di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim, dan satu siswa di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Kepala Smamda Surabaya Astajab SPd MM bersyukur atas capaian ini. “Alhamdulillah. Ini merupakan rahmat dari Allah SWT,” ungkapnya. Dia melanjutkan, “Ini juga merupakan hasil proses yang baik serta kesungguhan dari para siswa, guru, wali kelas dan orangtua dalam mengantarkan dan mendampingi putra-putri tercinta untuk meraih cita-cita yang diimpikan, serta lingkungan belajar yang kondusif.” Ia berharap agar keberhaslan ini menjadi inspirasi dan motivasi untuk adik kelasnya agar tahun depan semakin banyak yang diterima.

Resep Sukses

Syahida Azmi Rumbia mengungkapkan kiat Smamda Surabaya mengantarkan para siswanya hingga mampu menembus beberapa kampus favorit di Jawa. Pertama, sejak kelas X ada pemantauan nilai yang ada di kelas unggulan. Caranya: memotivasi siswa agar nilai tetap bagus, stabil, dan bisa meningkat di setiap semesternya. Selain itu siswa kelas X sudah mendapat banyak info terkait studi lanjut, termasuk jalur SNMPTN ini. Kegiatan Field Trip Study Activity (FISA) juga ada pengenalan kampus.

“Ditambah lagi ada kegiatan Edufair yang diadakan untuk siswa kelas XII tetapi kelas X juga bisa mengikuti. Harapannya sejak kelas X sudah melek kampus,” ujar Ida, sapaannya. Kedua, siswa mendapat materi pembelajaran tentang studi lanjut sejak kelas X dan lebih detil lagi disampaikan di kelas XII.

Ketiga, sudah mengadakan sosialisasi SNMPTN sejak bulan Februari 2021 via Zoom Clouds Meeting yang diikuti oleh siswa dan wali siswa.
“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi berkaitan dengan SNMPTN 2021 termasuk perubahan peraturan. Seluruh orangtua dan siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Karena jalur ini adalah jalur impian siswa. Banyak pertanyaan yang diajukan seputar SNMPTN,” terang guru kelahiran tahun 1980 itu.

Keempat adanya konsultasi bagi siswa yang eligible. Menurut Ida, konsultasi ini tidak hanya terkait pemilihan jurusan tetapi juga ada informasi hasil pemetaan pilihan jurusan. “Jika ada penumpukan pilihan maka disampaikan ke siswa untuk mempertimbangkan kembali pilihannya,” terangnya.

Siswa Bangga dan Bersyukur

Peranan BK Smamda Surabaya mendapat apresiasi siswa yang lolos SNMPTN. Seperti disampaikan Rayzan Rahmananda kelas XII MIPA 1. “Alhamdulillah saya di terima di ITB Jurusan Sekolah Ilmu dan Tekno Hayati Rekayasa. Saya sangat senang dan puas atas pelayanan studi lanjut di Smamda, Guru Bimbingan Konseling (BK) Smamda patut diacungi jempol,” ungkapnya.

Menurutnya, BK mengerti apa yang diinginkan oleh para siswa. BK tidak pernah memaksakan kehendak bahkan pada pilhan yang paling saya suka. BK tidak mematikan harapan anak didik. “Setinggi apapun cita-cita kita, BK akan berusaha untuk mencari taktik terbaik untuk kita dapat meraih cita-cita,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Azzahra Diandra kelas XII IBB Yang diterima di Studi Kejepangan Unair. “Alhamdulillah, saya suka sekali dengan cara Smamda mengawal siswa yang mau mendaftar SNMPTN,” tuturnya. Ia mengaku sudah memiliki pilihan jurusan sejak kelas X. “Dari kegiatan FISA, Edufair, dan konsultasi dengan BK semakin memantapkannya untuk memilih jurusan,” kata dia.

Para orangtua juga mengakui peran BK Smamda Surabaya. Sebagaimana ungkapan Muhammad Anwar Mardihatadi, ayahanda Shalwa Sharfina kelas XII MIPA 4. “Alhamdulillah putri saya di terima di Kimia Unair,” ujarnya. Ia mengaku setelah berkonsultasi dengan BK bisa meyakinkan putrinya hanya memilih satu pilihan saja.

Tak hanya ortu Shalwa yang saja yang merasakan kemantapkan hati putrinya untuk memilih jurusan SNMPTN, Dedy K Mahendra orangtua Azzahra Diandra kelas XII IBB juga merasakan hal yang sama.

“Sejak awal saya sudah percaya jika Smamda—dalam hal ini BK—sudah mempunyai tips dan trik untuk pemilihan jurusan, tentunya dengan me-review kompetensi siswa sejak masuk dan memantau nilai siswa,” ungkap dia. Dengan keyakinannya ia meminta putrinya untuk sering konsultasi dengan guru BK dan manut dengan yang disarankan guru BK.

Siswa yang Lolos SNMPTN 2021

  1. M Rifqi Lathif, XII IPS 1, Pendikan PPKn Unesa.
  2. Rayzan Rahmananda, XII MIPA 1, Sekolah Ilmu dan Tekno Hayati Program Rekayasa ITB.
  3. Nadila Faira Salsabilla, XII IPS 1, Ekonomi Pembangunan Unair
  4. Andini Syafiara Maryam, XII IPS 1, Ilmu Sejarah, Unair
  5. Ghifary Abrar Rabbani, XII MIPA 4, Teknologi Sains Data, Unair.
  6. Madina Videa Suksmono, XII IPS 1, Ilmu Komunikasi, Unair,
  7. Brian Rizkyqita, XII IBB, Bahasa dan Sastra Prancis, UB
  8. Azzahra Diandara Putri, XII IBB, Studi Kejepangan, Unair
  9. RR Audrey Adriana Kayla Danukusumo, XII IPS 1, Ilmu Komunikasi, UPN Veteran Jatim.
  10. Vania Amanda, XII IPS 1, Manajemen, UPN Veteran Jatim.
  11. Nyimas Keizza Keizsa Az-Zahra Ramadhanti, XII IPS 1, Ilmu Administrasi Negara, Unair
  12. Nathaniela Sabitah Haq, XII IPS 1, Desain Komunikasi Visual, UPN Veteran JATIM
  13. Inas Farhanah, XII IPS 1, Sosiologi, Unair.
  14. Dhara Adinda Brahmanty, XII IBB, Sastra Jerman, Unesa.
  15. Mohammad K. Hatta Adiatha, XII IPS 1, Bahasa dan Sastra Prancis, UB.
  16. Rizqa Amalia Ananda, XII MIPA 4, Teknik Telekomunikasi, PENS.
  17. Puspitasari Habi Putri, XII MIPA 4, Teknologi Hasil Perikanan, Unair.
  18. Aurora Rafida Azmi, XII MIPA 3, Manajemen, Unair.
  19. Chevyta Andam Sari, XII IBB, Sosiologi, Unair.
  20. Aulia Sekar Kinari, XII MIPA 2_Desain Produk_ISI Yogyakarta
  21. Dyah Ayu Kusumaningtyas, XII MIPA 4, Rekayasa Nanoteknologi, Unair.
  22. Azel Rizki Nasution_XII MIPA 1, Tehnologi Sains Data, Unair
  23. Lisda Nur Fadhilah, XII MIPA 4 Teknik Sipil, Unesa.
  24. Mellya Dewi Purnamasari, XII MIPA 4, Sastra Inggris Unesa.
  25. Marshada Febriani Jasmine, XII MIPA 4, Kimia ITS
  26. Hamdah Marsaraya, XII IBB, Desain Komunikasi Visual UPN Jatim.
  27. Ayu Lidia, XII MIPA 7, Fisika. IPB.
  28. Salwa Sharfina, XII MIPA 4, Kimia Unair.
  29. Alma Nailah, XII MIPA 4, Rekayasa Nanoteknologi, Unair.
  30. Akmal Zaki Agdinta, XII MIPA 4, Ilkom UPN Veteran Jatim.
  31. Aisyah Aqilah Rian Vania, Manajemen Informatikan, Unesa.
  32. Fatih Ulwan Annaufal, XII MIPA 1, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga (Golden Ticket)
  33. Dina Mufida Sari, XII IPS 3, Akuntansi UPN Veteran Jatim.
  34. Amanda Narda Mutia, XII IPS 2, Psikologi, Unesa.
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda