Serunya Open House Smamda Surabaya dengan Manga dan Presenter

Smamda – Serunya open house Smamda Surabaya dengan peminatan manga dan presenter. Open house SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya ini dihelat Kamis (16/12/2021). Kamis pagi sudah nampak suasana kemeriahan di Smamda Surabaya. Salah satu sekolah Muhammadiyah terbaik di Surabaya yang berlokasi di Jalan Pucang Anom Nomor 91 Surabaya ini tengah mengadakan open house.

Kegiatan yang merupakan rutinitas tahunan ini kedua kalinya diadakan oleh Smamda yang diikuti oleh 65 siswa SMP Muhammadiyah 18 Surabaya. Tidak hanya siswa saja yang mengikuti acara ini, sebanyak 10 guru pun turut mendampingi para siswanya.

School Tour

Wakil Kepala Smamda Bidang Hubungan Masyarakat Rr. Tanti Puspitorini menyampaikan bahwa open house tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan Smamda kepada para peserta. “Tetapi juga membangun wawasan serta motivasi mereka agar memiliki pandangan tentang masa depan. Khususnya sekolah lanjutan yang mereka inginkan selepas SMP,” ujarnya.

Para peserta open house, lanjutnya, tampak antusias mengikuti serangkaian kegiatan, diantaranya adalah school tour. “School tour ini untuk mengetahui fasilitas ruangan apa saja yang dimiliki Smamda untuk menunjang proses belajar mengajar. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan minat dan bakat yang kali ini diisi dengan kegiatan manga dan presenter,” urainya.
Praktek Langsung di Studio

Salah satu siswa SMP Muhammadiyah 18 Surabaya Sofi mengatakan diantara kedua kegiatan minat yang diikutinya, dia lebih suka presenter. Itu karena minatnya pada bidang presenter dapat tersalurkan.

“Saya juga sempat maju untuk praktik secara langsung di ruang studio. Seru banget. Beneran di studio. Bangga saya. Nanti pasti akan saya ceritakan pengalaman ini ke orang tua,” ungkap Sofi

Pendapat Sofi ini juga diamini oleh salah satu pengajar di SMP Muhammadiyah 18 Surabaya Ustadzah Nadia. Dia merasa senang melihat minat anak-anak tersalurkan di kegiatan ini. “Keantusiasan mereka tergambar jelas selama kegiatan. Jelas acara seperti inilah yang diberi penilaian seru oleh anak-anak. Keramahan dari warga Smamda menyambut kami juga membuat saya terharu,” ungkap Nadia.

Trend Anime

Narasumber pelatihan manga sekaligus alumnus Smamda Heni menjelaskan kegiatan pembinaan minat ini berlangsung selama dua jam. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok.

“Satu kelompok berlatih manga, sedangkan satu kelompok lagi berlatih presenter. Masing-masing kelompok diberi kesempatan berlatih selama satu jam. Satu jam berikutnya switch, yakni yang sebelumnya sudah menerima pelatihan manga ganti ke pelatihan presenter dan sebaliknya,” jelasnya.

Menurutnya karena memang sekarang lagi ngetrend anime, jadi mereka sangat antusias pada saat mengikuti pelatihan manga. “Beberapa diantaranya memang beneran bagus goresannya. Setelah saya investigasi singkat ternyata banyak dari mereka yang memang suka menggambar anime di saat mereka senggang,” terangnya.

Sementara itu narasumber pelatihan presenter yang juga alumnus Smamda Arin memaparkan hampir sama dengan manga, di pelatihan presenter pun para peserta open house juga sangat antusias. “Beberapa dari mereka sebenarnya punya bakat. Terbukti dari ketepatan intonasi dan artikulasi dalam membacakan berita atau memandu acara. Namun rasa kepercayaan dirinya untuk berani publik speaking perlu dilatih lagi,” paparnya. (*)

Penulis Era Restiani

smamda
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda