Siswa Smamda Sabet Dua Gelar di Ajang English Competition 2022

Smamda – Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya berhasil meraih dua gelar juara pada ajang English Competition (Ecomp) 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla) pada Sabtu (30/7/2022).

Mereka adalah Aurelia Zahra Putri Soelistyo XII MIPA 3 meraih juara 3 English Speech dan Azar Qois Yusuf Akbar XI IPS 3 meraih Juara III English Olympiad. Pembina Ekstrakurikuler English Conversation Club Rr. Tanti Puspitorini  SS sangat bersyukur atas prestasi yang dicapai kedua siswanya.

“Alhamdulillah, siswa Smamda berhasil meraih dua gelar juara. Semoga nantinya prestasi dalam bidang bahasa inggris lainnya menyusul,” ungkapnya ditemui Sabtu (6/8/2022) saat kegiatan eksul ECC. Meskipun belum meraih juara 1 pada kedua bidang lomba, Tanti sangat mengapresiasi kerja keras dua siswanya.

“Aurel dan Azar sudah berusaha dan memberikan hasil terbaik, kalian keren,” ucapnya. “Insya allah di event mendatang bisa menjadi juara 1,” imbuhnya. Selain berterima kasih kepada Aurel dan Azar, dia juga berterima kasih kepada Gagas Refiandy Satria yang juga ikut membantu melatih dengan tekun dan telaten siswa siswi yang akan mengikuti lomba, tak lupa kepada kedua orang dua siswa tersebut.

Tanti yang kala itu ikut mendampingi Aurel berlaga di babak final dan Azar yang mengikuti English Olympiad mengaku optimistis bahwa dua siswanya akan meraih juara. Tentunya setelah melihat penampilan para finalis.

Pengumuman pemenang digelar di Aula Budi Utomo Umla. Ketika  nama Azar disebut sebagai Juara ketiga English Olimpiad, Ia semakin yakin jika Aurel juga meraih juara. Dan Aurel ternyata juga meraih Juara 3 English speech.

Tanti, wakasek bidang humas Smamda, mewakili Azar untuk penerimaan trofi juara ketiga English olympiad karena Azar langsung kembali ke Surabaya pasca mengikuti lomba.

Aurel yang didampingi kakak dan Ibundanya sangat senang dan bersyukur bisa meraih juara. “Alhamdulillah, jauh jauh dari Surabaya bisa dapat juara,” ucapnya sambil tersenyum.

Ini adalah kemenangannya yang kedua setelah meraih Juara pada lomba yang sama di Ajang Muhammadiyah Education Awards tahun 2021 lalu.

Ketika para jawara ini ditanya tentang latihan, mereka mengaku menyiapkan lomba ini dalam 2 minggu. Mulai pembuatan naskah speech, proses editing, proses praktik speaking  hingga proses perekaman video yang akan dikirim pada saat proses seleksi.

Aurel memilih tema “the influence of gadgets on teenagers in the millenial era” karena Ia merasa gadgets itu seperti pisau bermata dua, bisa membantu belajar lebih mudah tapi juga secara tidak langsung dapat menggangu kesehatan mental pada remaja jika tidak diawasi.

Siswi yang bercita-cita menjadi dokter ini mengaku sempat grogi saat pengambilan video, sehingga beberapa kali dilakukan pengambilan video. Saat lomba pun Ia Berkali kali latihan untuk memantapkan penampilannya. Pada saat akan tampil pun dia dua kali berlatih.

Berbeda dengan Azar, terkait lomba english olympiad, ia berlatih mengerjakan soal terkait listening, reading, structure dan writing selama 2 minggu. Sejak awal mengikuti lomba Ia ingin menguji kemampuan berbahasa Inggrisnya karena ini lomba yang pertama bidang bahasa Inggris yang Ia Ikuti.

“Alhamdulillah pertama kali ikut lomba dan langsung juara,” ucapnya.

Putra kedua dari pasangan Dwika Sabta dan Eny Lindarti ini berencana ingin mengikuti lomba English Olympiad pada event mendatang. Saat ini Ia mulai menyiapkannya.

English Competition 2022 Umla ini merupakan even tahun pertama yang bertujuan untuk membantu pengembangan diri siswa SMA-SMK dalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris serta ingin mengenalkan Umla kepada pelajar SMA.

Sekitar 75 peserta  berasal dari Malang, Surabaya, Tuban, Lamongan dan Jombang yang mengikuti 3 cabang lomba yaitu Story telling, English Spech dan English Olympiad. Dari masing masing lomba diambil juara 1, 2, dan 3.

Untuk teknis pelaksanaan lomba story telling dan speech mengirimkan video penampilan, kemudian diseleksi. Yang masuk babak final tampil secara Luring di Umla. Sedangkan untuk English Olympiad langsung dilaksanakan luring dengan 3 sesi yaitu listening, reading dan structure, yang terakhir writing. (Masitha/Tanti Puspitorini/AS)

Selamat! Inilah para pemenang Ecomp 2022 Umla

Story telling

Juara 1 – Vivi Mauliza SMAN 1 Babat

Juara 2 – Fairuz Shiba SMAM Babat Khanaya

Juara 3 – Anindita Azkia Fauzana SMAN 1 Babat

Speech

Juara 1 – Aqila Khanza El Rahman –  SMAM 9 Brondong

Juara 2 – Ananda Shafa Ramadhani SMAN 1 Babat

Juara 3 Aurelia Zahra Putri Soelistyo SMAM 2 Surabaya

English Olympiad

Juara 1 – Evan Zaidane Al Bahry SMAN 1 Babat

Juara 2 – Anggun Eka Septiana  SMAN 1 Babat

Juara 3 – Azar Qoiz Yusuf Akbar SMAM 2 Surabaya

smamda
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda