Siswi Smamda Surabaya Juara News Anchor Commsession 2022

Smamda – Rachmi Raina Rahadatul Aisyi—siswi kelas X MIPA 3 Smamda Surabaya—-meraih Juara I News Anchor Communication Session (Commsession) 2022. Ajang tahunan tingkat nasional ini digelar Prodi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) secara online (28-30/6/22).

Di ajang itulah kreativitas siswa maupun mahasiswa di bidang broadcasting dilombakan. Ada tiga kategori lomba, yaitu news anchor siswa, news anchor mahasiswa, dan public relation. Rachmi—panggilan akrabnya—menyatakan sangat bersyukur dan senang bisa meraih juara ini. “Serta bisa membanggakan keluarga dan sekolah,” imbuhnya, Sabtu (2/7/22).

“Saya berterima kasih sekali pada kedua orangtua, teman-teman, bapak ibu guru, dan ekskul Broadcasting Smamda yang telah mensupport saya,” tambah Rachmi.

Persiapan Matang hingga Final 

Keberhasilan Rachmi tak lepas dari berbagai persiapan yang dia lakukan. Pertama, menyusun naskah bertema ‘Transformasi Digital’. Kemudian, dia berlatih membaca naskah dengan memperhatikan artikulasi, intonasi, ekspresi, ketepatan pemenggalan, dan kesopanan penampilan. Karena faktor-faktor itulah kriteria penilaian di lomba ini.

Selain itu, Rachmi juga merekam video berdurasi 2-3 menit dengan membaca naskah. Rachmi membutuhkan 2-3 kali rekaman, baru hasilnya sesuai harapannya. Meski rekaman berulang kali, Rachmi tidak patah semangat. Kemudian dia mengedit videonya. Adapun video berformat AVI atau MP4 dan orientasinya landscape. Tak lupa, dia menyertakan logo Ikom Umsida di bagian paling akhir video.

Perjuangannya belum selesai. Rachmi masih harus mengunggah videonya di Instagram. Lalu dia memberi tag ke akun @ikomumsida.official & @commsesion dan memberi hashtag #NewsAnchorCompetition #Commsession2022 #Ikomumsida.

Sampai di sini, Rachmi telah memenuhi syarat babak penyisihan. Yakni menggunggah video paling lambat 13 Juni lalu. Dia bertanding dengan 34 peserta lainnya. Usai penilaian video (20-24/6/22), Rachmi lolos babak kedua, yaitu babak final.

Di babak final, diambil lima terbaik. Rachmi dan peserta yang lolos diminta membuat naskah. Ada lima tema yang panitia sediakan. Yaitu bisnis digital, technology borderless, impact of media development, innovation digital technology, dan education in digital era.

Sebelum tampil selama 3 menit lewat Zoom, Rachmi memilih tema secara acak, Selasa (28/6/22). Di babak ini hanya diambil dua juara.

Tekuni Ekskul Broadcasting Smamda 

Rachmi menekuni dunia broadcasting sejak awal masuk SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya. Ia menjadi anggota ekstrakurikuler (ekskul) broadcasting. “Saya memilih ekskul broadcasting karena saya merasa mempunyai bakat di dunia broadcasting,” jelas anak kedua dari tiga bersaudara ini. Selama setahun belajar broadcasting di Smamda, Rachmi telah mengikuti lima ajang lomba, termasuk ajang ini. Empat di antaranya meraih juara.

Yaitu Juara 3 News Anchor Broadcaster Award 2021 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Juara II News Anchor Laksamana 2021 Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan Juara 1 News Anchor Perbanas Journalistic Competition 2022 Perbanas Institute.

Berkat prestasinya itu, saat kenaikan kelas, Rachmi mendapat apresiasi dari sekolah berupa beasiswa SPP sebulan. Ini diumumkan pada Smamda Champion Awards (18/6/22).

“Saya suka dan bersyukur bisa bersekolah di Smamda. Alhamdulillah di Smamda saya bisa mengembangkan bakat serta mendapat recognition yang diperlukan untuk mengembangkan bakat. Saya juga senang bertemu dengan teman-teman yang selalu mendukung dan membantu. Gurunya juga baik-baik serta sangat mensupport,” ungkap Rachmi.

Begitupun Rachmi Sri Arafa, ibunda Rachmi. Dia merasa bangga dan bersyukur atas prestasi putrinya. “Semoga putri saya bisa senantiasa berprestasi dengan tetap menjadi anak yang shalehah, dan semoga Smamda bisa menjadikan siswa-siswinya menjadi anak yang berguna dan shaleh atau salehah,” doa ibu tiga anak ini.

Juara Commsession 2022 

Kategori News Anchor Siswa:

  • Juara I: Rachmi Raina Rahadatul Aisyi (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)
  • Juara II: Ammara Nayra Jahan Piay (SMP Muhammadiyah 3 Waru)

Kategori News Anchor Mahasiswa:

  • Juara I: Amirah Dinda Azzahra (Universitas Brawijaya)
  • Juara II: Annisa Rahayu (UIN Sunan Kalijaga)

Kategori Public Relation (PR):

  • Juara 1: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan anggota: Desfairuzz Azzizah Rahmawati, Mazza Roiz Amrullah, dan Risma Lady Octavia
  • Juara 2: Universitas Aisiyah Yogyakarta dengan anggota: Eza Tri Amanda, Hilda R Fauzia, dan Annisa FH

Selamat untuk para juara! (*)

smamda
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda