Smamda Surabaya Gelar Takbiran Virtual

Kepala Smamda Surabaya Astajab saat memimpin takbiran.
Smamda – Smamda Surabaya gelar takbiran virtual lewat Zoom Cloud Meetings dalam menyambut Idul Adha 1442, Senin (19/7/2021) malam.

Keluarga besar Smamda baik guru, karyawan, siswa kelas X-XII, wali murid, maupun warga luar sekolah, karena terbuka untuk umum. Ada sekitar 650 partisipan dalam acara yang berlangsung selama 2,5 jam yakni pukul 19.00-21.30 WIB.

Takbiran secara virtual diawali dengan membaca basmalah kemudian dilanjutkan dengan melantunkan takbir, tahlil, dan tahmid yang dipimpin oleh Kepala Smamda Surabaya Astajab SPd MM, bergantian dengan pimpinan dan guru lainnya.

Semua melantunkan takbir, tahlil, dan tahmid secara bersama-sam, yang membuat suasana malam takbiran ini semakin khidmat.

Smamda Surabaya Gelar Takbiran Virtual. Partisipan malam takbiran Smamda Surabaya

Shalat Idul Adha di Rumah

Sebelum memulai memimpin takbiran Asjatab menyampaikan beberapa pesan dan pengumuman. “Alhamdulilah saat ini kita bisa bertemu meskipun secara virtual, karena dengan adanya pandemi ini kegiatan takbir biasanya kita lakukan keliling tatap muka,” kata dia. Namun, lanjutnya, karena situasi yang tidak memungkinkan maka takbiran ini kita lakukan secara virtual.

Dia juga menjelaskan, kegiatan shalat Idul Adha yang sebelum pandemi biasanya dilaksanakan di sekolah, tahun ini juga belum bisa kita laksanakan di sekolah. “Shalat Idul Adha tahun ini di rumah masing-masing. Sedangkan untuk penyembelihan hewan kurban insyaallah akan dilaksanakan hari Rabu, 21 Juli 2021 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” terangnya.

Perlu kita sampaikan, lanjut dia, waktu yang diperbolehkan untuk penyembelihan hewan kurban itu adalah setelah shalat Idul Adha (10 Dzulhijah) dan tiga hari Tasyrik (11,12 dan 13 Dzulhijah). Termasuk takbiran diperbolehkan sampai hari terakhir Tasyrik. Takbiran secara virtual di Smamda Surabaya sebelumnya juga dilaksanakan pada Idul Adha tahun 2020, karena pandemi Covid-19. (*)

Penulis Eka Haris Prastiwi

Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda