Smamda Tower, Pencakar Langit Baru di Surabaya

Smamda – Smamda Tower kini menjulang 9 lantai di kawasan Jl. Pucang Adi Surabaya. Gedung baru ini milik SMA Muhammadiyah 2 Surabaya yang diresmikan oleh Prof Dr Haedar Nashir, Selasa (25/10/2022). Gedung ini melengkapi gedung pencakar langit milik Muhammadiyah di kawasan Pucang yang hari itu juga diresmikan seperti Gedung Spemma (SMP Muhammadiyah 5) dan Gedung Ahmad Dahlan Education Center (ADEC) milik SD Muhammadiyah 4 (SD Mudipat).

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Astajab MM menjelaskan, Smamda Tower seluas 8.000 meter persegi berlantai 9. Lantai 1 untuk parkir. Lantai 2: Perpustakaan, Kolam Renang, Gym, dan Cafe.

Lantai 3: ruang kelas di tengahnya ada kolam ikan koi. Lantai 4-5: ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, lab bahasa, lab kimia, lab biologi, ruang konseling. Setiap ruang kelas ada layar TV flat 70 inch untuk pembelajaran virtual.

”Lantai 6 Ruang Serba Guna kapasitas 1.500 orang yang diberi nama Auditorium Mas Mansyur. Lantai 7: Balkon kapasitas 500 orang. Lantai 8: Sport Center untuk basket, futsal, dan bulu tangkis. Lantai 9: Balkon penonton sport center,” katanya. Menurut dia, Smamda ini sekolah terbanyak yang membuka ekstra kurikuler yaitu 53 ekskul untuk menunjang bakat siswa.

Dia menjelaskan, Smamda Tower dibangun mulai Juli 2021 menelan biaya hampir Rp 50 miliar. Selesai dalam waktu 15 bulan.  Menurut dia, gedung ini dipasang alarm tanda bahaya untuk keselamatan penghuninya.

Juga dilengkapi teknologi canggih seperti penjernih otomatis untuk kolam renang. Sirkulasi air otomatis untuk kolam ikan. Lift tidak berfungsi jika tidak ada beban minimal. Juga tata lampu sesuai sensor cahaya dan air mancur berdurasi hingga sistem hydran mengantisipasi kebakaran.

Hari itu Smamda Surabaya juga meluncurkan lima produk yaitu air mineral dalam kemasan bermerek Smamda Surabaya, Tari Ikon Smamda Suryaning Raga, splikasi app.smamda.net, tas batik Smamda, Ikasmamda Business Community, dan Smamda Pyschology Corner.

Smamda Tower di Jl. Pucang Adi Surabaya.

Pesan Haedar Nashir

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam sambutannya mengatakan, hari ini hari yang sangat produktif. Apa yang kita resmikan ini merupakan wujud dari kemajuan persyarikatan Muhammadiyah. Dinamika gerakan Muhammadiyah yang progresif dan berkemajuan.

”Kerja sama saling peduli dan berbagi. Apa yang ditorehkan bisa membawa nilai manfaat dan lingkungan persyarikatan kita bagi umat dan bangsa. Tertera dalam visi Smamda menjadikan sekolah ini islami, modern dan berprestasi,” jelasnya.

Dia mengingatkan agar nilai Islam terus tertanam dalam pribadi masing-masing. ”Bagaimana nilai-nilai Islam itu hidup dan tertanam bagi para siswa, guru dan pimpinan. Nilai Islam bukan hanya simbolik tapi teraktualisasi secara akhlakul karimah mulai dari yang paling kecil hingga yang besar dan meluas ke lingkungan,” tuturnya.

Penulis Fibrina Aquatika

smamda
Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda