Smamda Kenalkan Siswa dengan PTN secara Virtual

Edufair Virtual

Smamda – Banyak cara dilakukan pihak sekolah untuk mengenalkan perguruan tinggi negeri (PTN) bagi siswanya yang akan mengenyam jenjang perkuliahan kelak. Terutama untuk memotivasi siswa agar terpacu berkuliah di PTN favorit. Seperti yang dilakukan SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya yang mengenalkan PTN kepada para siswanya secara virtual.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum Smamda, Syuhada Ishaq Abilio Gomes, M.Pd.I mengatakan, pihaknya melakukan field trip study activity (FISA) atau aktivitas siswa di lapangan untuk mengenal PTN melalui metode virtual karena pandemi Covid-19. Biasanya dari tahun ke tahun, pengenalan PTN dilakukan langsung dengan datang ke PTN dimaksud.

“Saat ini kami bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) dengan menggelar FISA secara virtual untuk memacu para siswa agar bisa fokus kepada PTN yang hendak dituju saat kuliah nanti,” katanya, Senin (19/10).

Langkah pengenalan PTN secara virtual dirasa penting bagi para siswa. Pasalnya dari tahun ke tahun prestasi peserta didiknya dalam bersaing di PTN ternama cukup tinggi. Bahkan ada peningkatan 5-10 persen siswa yang masuk ke PTN baik dari jalur SNMPTN, SBMPTN hingga mandiri.

“Untuk SNMPTN aja meningkat 10 persen yang keterima di UI juga lumayan banyak tahun ini, sedangkan untuk yang jalur SBMPTN naik 70 persen artinya pengenalan ini cukup penting,” ungkapnya.

Meski pandemic, pihaknya masih memiliki tanggung jawab dengan mengantarkan para siswa diterima di PTN. “Targetnya semakin meningkat oleh karena itu kami fasilitasi dengan adanya Smamda Care Program (SCP) untuk memberikan tambahan edukasi, dan menejemen untuk meningkatkan mutu dan strategi supaya diterima di PTN oleh karena itu kita harus berikan edukasi sejak saat ini,” tegasnya.

Dalam FISA dengan UI tersebut ada 500 siswa yang mengikuti virtual yang terdiri dari siswa kelas X, XI dan XII. “Kalau kelas X dan XI ada perwakilan lima siswa, sedangkan untuk yang kelas XII diwajibkan mengikuti semua,” imbuhnya. (rmt/jay)

Author:

I Am the Admin

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda