KEDOKTERAN (UB) – PETERNAKAN (UMM) – KELOMPOK 65

BAB I

PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

Outdoor Class Adivity merupakan salah satu cara metode pembelajaran di luar kelas yang bisa  menambah pengetahuan serta pola pikir mahasiswa. Sampai saat ini, outdoor class adivity merupakan media yang  paling  efektif  dan efisien dalam menyampaikan suatu ilmu pelajaran bukan  hanya dari teori saja, kebenaran dan bukti nyata dilapangan perlu kita  ketahui. Adapun kita akan melaksanakan outing class di tiga tempat antara lain ; Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Sengkaling Malang.

B.       TUJUAN

Adapun tujuan dalam kegiatan ini adalah selain untuk memenuhi mata kuliah Pendidikan Kedokteran dan Perternakan kegiataan ini  diharapkan  dapat menambah ilmu pengetahuan  dan wawasan yang luas bagi mahasiswa dan dapat menerapkannnya  di dalam perjalanan, ditempat tujuan, maupun dalam perjalanan pulang. Misalnya dalam pelajaran kedokteran mahasiswa mengetahui tentang penyakit dalam yang ringan dan penyakit yang berbahaya. Dan dalam pelajaran peternakan untuk mengetahu manfaat dari kotoran sapi dan merawat merawat ayam dan kambing dan manfaat manfaatnya.

C.              MANFAAT

Manfaat Outdoor Class Adivity ini antara lain adalah :

1.              Menambah ilmu pengetahuan, wawasan yang umum dan luas

2.              Mengenal tempat-tempat di universitas malang

3.              Mengetahui pembelajaran tentang kedokteran dan peternakan 

4.              Menjalin kerjasama antar mahasiswa

5.              Mempererat kebersamaan sesama mahasiswa

BAB II

LAPORAN HASIL OUTDOOR CLASS ADIVITY

A.              UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG ( FAKULITAS KEDOKTERAN ) 

UNIVERSTAS BRAWIJAYA yang sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan UB yang berada di kota Malang, Jawa Timur. Di kota malang ini disebut kota sekolah karna banyak sekolahan dan universitas yang bagus dan terkenal seperti UB ini. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) terdiri atas tiga jenjang program studi: S1 (Sarjana), S2 (Magister), Sp (Spesialis) dan S3 (Doktor) Semua program studi telah secara resmi memiliki ijin operasional oleh BAN-PT dan LAMPTKes sebagai berikut: Kedokteran, Ilmu Keperawatan, Ahli Kesehatan, Farmasi, Kebidanan, dll. Student body tersusun terutama oleh mahasiswa dari Indonesia, namun beberapa program studi memiliki kelas internasional: S1 Kedokteran, S2 Ikmu Biomedik dan S3 Ilmu Kedokteran. Mahasiswa internasional di FKUB berasal dari: Malaysia, Myanmar, Vanuatu, Libya, Palestina dan Ghana.

B.       UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG ( PETERNAKAN)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG atau yang sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan UMM. Universitas ini juga dikenal sebagai universitas islam. Disini kita di berada di tempat laboratorium peternakan yang ada di UMM. Besar sekali manfaat di bidang Ilmu Peternakan , tidak hanya itu saja, prospek kerja lulusan ilmu peternakan sangat luas. Setelah menjadi Sarjana Peternakan, kita bisa bekerja di Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah. Peluang kerja di instansi pemerintahan sangat luas, antara lain di Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Riset. Selain itu, lulusan dapat berkiprah di Wildlife dan Agrowisata, Perbankan, Koperasi, Media Masa, Konsultan Agribisnis, dan Konsultan Lingkungan. Oleh karena itu, jangan meremehkan anak peternakan. Manusia hidup tanpa ketergantungan dengan hasil Peternakan apakah bisa? Bagaimana bisa menjadikan Protein hewani, Daging, Susu, Telur yang berkualitas. karena disana kita akan mempelajari banyak hal dan sangat besar manfaatnya dari kotoran sapi, kambing dan telur ayam.

C.       SENGKALING WATER PARK MALANG

SENGKALING ini juga terkenal dengan tempat wisata dan juga ada tempat untuk oleh oleh. Kita kesini untuk bermain main atau refresing buat para siswa dan guru yang ingin bersenang-senang. Kita kesini bisa bersama dengan keluarga, teman, sahabat, dan pacar kalian. karna ditempat ini untuk bersantai, berlibur. Di Sengkaling ini ada banyak permainan untuk anak-anak, perahu-perahu, bom-bom car, dan juga cinema 4D. Bagi kalian yang suka foto disini juga banyak tempat untuk spot foto yang bagus dan juga ada patung patung gajah, snow white, dan juga tangga warna warni. Di tengah-tengah sengkaling ada kapal bisa untuk spot foto dan disana juga ada kolam renang dan beberapa permainan jika kalian di tempat paling atas kalian bisa melihat pemandangan yang ada di sengkaling. 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

A.      KESIMPULAN

Kegiatan Outdoor Class Adivity sudah berjalan dengan baik dan lancar. Dengan adanya kegiatan Outdoor Class Adivity ini mahasiswa dapat mengenal tentang Kedokteran UB Malang dan Peternakan UMM di Malang, Jawa Timur.

B.       SARAN

Kegiatan Outdoor Class Adivity memang sudah seharusnya di adakan setiap tahun agar bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas bagi mahasiswanya. Selain itu semoga di tahun-tahun berikutnya kegiatan Outdoor Class Adivity berjalan lebih baik lagi, terutama dalam hal kepanitiaan maupun dalam hal  managemen waktu dengan baik.

KELOMPOK 65 :

  • FAYOLA LIYANI ( XII MIPA 6 )
  • ALFIAN ANUGRAH SAPUTRA ( XII MIPA 6 )
  • MOHAMMAD RIFKI ARDIKA ( XII MIPA 6 )
  • MUHAMMAD ALROY (XII MIPA 6 )
  • NABILA SAFA SESABRINA ( XII MIPA 6 )

DI BAWAH INI ADALAH LINK UNTUK MELIHAT VIDEO ATAU VLOG KELOMPOK KITA :

 

https://youtu.be/QtOKaGMUu6E

Tags

Leave a comment

Open chat
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda