Belajar Politik, Anak IPM Smamda Kunjungi Fraksi DPR

Sebanyak 23 siswa berjas kuning SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Pucang Anom Surabaya bersemangat memasuki ruang kantor Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di Gedung DPR/MPR Senayan Jakarta, Kamis (25/4/19).

Mereka pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Lantas duduk di kursi fraksi sambil membayangkan sebagai anggota DPR.

”Aduh, nervous nih duduk di sini. Gimana ya kalau suasana rapat kita di ruangan seperti ini?” celetuk Esa Febrianto, ketua Pimpinan Ranting IPM Smamda Surabaya.

Rombongan anak-anak IPM ini menempuh 12 jam perjalanan naik kereta ekonomi dari Surabaya ke Jakarta. Cukup melelahkan. Namun tidak menyurutkan semangat ipmawan dan ipmawati untuk memperoleh pengalaman baru.

Esa bersama anggotanya sedang melakukan Upgrading ke Jakarta. Dengan mengusung tema to Do to Know to Djakarta mereka mengunjungi kantor DPR dan PP IPM di Raya Menteng.

Kunjungan ke kantor Fraksi PAN DPR diterima oleh M. Ali Taher. Pembawaan Ali Taher yang ramah dan bersemangat, dia memberikan pengetahuan tentang pengalaman berorganisasi di Muhammadiyah, hingga berkarir di politik.

Menurutnya, bicara politik berarti membahas tentang lima hal. Negara, kekuasaan, kebijakan publik, pemecahan masalah, dan pembagian kekuasaan.

”Tujuan utama demokrasi untuk meminimalisir kesengsaraan rakyat bersamaan dengan memaksimalkan kebebasan individu,” jelasnya.

Dia mengatakan, jadilah aktivis yang berpegang pada 3 Ta. Yaitu Tertib Ibadah, Tertib belajar, dan Tertib Organisasi. Maka belajarlah dengan baik.

Di akhir kunjungan hari itu, rombongan ini mampir ke Kota Tua. Sembari melepas penat, mereka berbagi kesan setelah kunjungan dan menikmati jajanan khas betawi yang dijajakan di sekitar kota bersejarah. (Rimba)

Tags
Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda