Di Antara Paskibraka Itu Ada Siswa Smamda

Farrel Ardan Firiansyah, siswa kelas XI MIPA 8 SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Pemerintah Kota Surabaya pada Hari Kemerdekan ke-73 Republik Indonesia. Upacara bendera tersebut dilaksanakan di halaman Taman Surya Balai Kota, Jumat (17/8/2018).

Farrel, sapaan akrabnya, menjadi pasukan 8. Pasukan 8 merupakan pasukan inti dan pembawa bendera yang posisinya di belakang pasukan 17. Sebelum mengikuti seleksi Paskibraka, siswa kelahiran 2002 ini terlebih dahulu diseleksi oleh tim Paskibra Smamda.

Seperti yang dijelaskan oleh Laili Sofia, pembina ekstrakurikuler Paskibra Smamda. “Semua yang ikut Paskibraka, diseleksi dulu oleh sekolah. Nah, Farrel masuk sepuluh anak yang saya kirim untuk ikut seleksi,” katanya.

“Saya tunjuk Farrel karena memang punya sesuatu yang bisa diandalkan untuk dirinya, ternyata saya memilihnya tidak salah,” jelas Laili Sofia yang guru Ekonomi.

Sementara Farrel menjelaskan, seleksinya ketat per tahap. Mulai dari tes pengukuran badan, kesehatan, fisik, psikotes sampai wawancara. Dia tidak menyangka jika lolos apalagi masuk sebagai pasukan 8. “Pastinya bangga dan bersyukur kepada Allah yang memberikan kemudahan dan kelancaran sehingga dapat melewati proses seleksi,” kata Farrel yang hobi berenang. “Saya juga terharu tidak menyangka saya lolos seleksi,” tambahnya.

Farrel yang bercita-cita menjadi pilot ini sebelumnya tidak ada rencana untuk mengikuti Paskibraka Pemkot. Namun karena dia ditunjuk oleh Smamda dan lolos seleksi, dia jadikan peluang emas buat meraih cita-citanya. Dia juga menjelaskan, tidak akan pernah melupakan pengalaman ini. “Banyak hal yang saya dapat, terutama jiwa nasionalisme saya semakin tinggi,” ungkapnya. (Masitha)

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda