Kemenkeu Goes to School Sosialisasikan Pajak dan STAN kepada Siswa

Kemenkeu Goes to School digelar di SMA Muhammadiyah 2 Pucang Surabaya (Smamda), Kamis (4/10/2018). Acara ini diadakan oleh Kementerian Keuangan Sekretariat Jenderal Perwakilan Jawa Timur untuk memperingati Hari Uang Nasional yang jatuh pada 30 Oktober.

Kepala Perwakilan Kemenkeu yang juga Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Timur Etto Sunaryanto menjelaskan, kegiatan literasi ini untuk memperkenalkan tugas dan fungsi Kemenkeu dan memperkenalkan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Selain itu, sambung dia, sebagai literasi agar anak SMA paham nilai-nilai Kemenkeu yang meliputi integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan.

Kurnia Kusuma Safitri, salah satu anggota Kemenkeu Muda Jawa Timur, menambahkan, acara ini ingin menunjukkan kepada anak SMA bagaimana caranya menjadi bagian dari Kemenkeu, prospek kerjanya seperti apa.

”Zaman sekarang adik-adik SMA harus tahu sebelum masuk jenjang universitas ingin jadi apa,” katanya. ”Selain tes jalur CPNS, salah satu cara agar bisa bergabung menjadi bagian Kemenkeu lewat sekolah di PKN STAN. Karena prospek kerja di STAN dapat menjadi bagian Kemenkeu dan non Kemenkeu.”

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini terkait cara menjadi mahasiswa STAN. Menurut alumni STAN, Maradela Ermania, bisa mendaftar dengan nilai rapor minimal 7. “Nilai rapor akan dirata-ratakan dengan nilai Ujian Nasional yang hasilnya harus 7. Jangan sampai di bawah 7, semua jurusan IPA, IPS, Bahasa bisa masuk STAN, ” katanya.

“Tes masuk STAN meliputi wawasan kenegaraan mulai pra sejarah sampai sekarang. Ada juga tes kecepatan menghitung,” tambahnya.

Selain promosi STAN, materi lain tentang perpajakan. “Ketika teman-teman tidak merasa memiliki negara ini, tidak merasa menjadi bagian negara ini, jalan-jalan tidak bisa dibangun, infrastruktur tidak bisa dibangun,” kata Kurnia lagi.

Peningkatan pelayanan pajak dilakukan pemerintah agar warga dimudahkan, sambungnya. Beberapa tempat juga dipasang pengumuman Ini Dibangun dari Pajak sebagai pemberitahuan kepada masyarakat pajak yang dikumpulkan dipakai untuk membiayai pembangunan.

Di mata siswa acara ini memberikan informasi untuk mencari sekolah dan peluang kerja setelah lulus SMA. Seperti dikatakan Nafla Aqillah siswi kelas 12 MIPA 7, acara Kemenkeu Goes to School seru, bermanfaat.

”Apalagi buat siswa kelas 12 kayak aku, kita dikasih banyak informasi tentang Kemenkeu termasuk PKN STAN, mulai dari jumlah target penerimaan, jenis-jenis tesnya, sampai tips buat lolos tes STAN. Ditambah banyak games dan kuis, termasuk simulasi lelang tadi bikin acara jadi lebih hidup dan lebih komunikatif,” ujarnya.(Masitha)

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda