Meniru Ibunya, Siswa Smamda Ikuti Pertukaran Pelajar ke Wisconsin

Smamda – Wajah Ahmad Al Kanz, siswa kelas XII MIPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) tampak sumringah. Pasalnya hari yang telah lama ia nantikan telah tiba.

Jumat (16/8/2019), di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda ia bersiap berangkat menuju Jakarta, lalu lanjut terbang ke Wisconsin, Amerika Serikat pada Sabtu, (17/8/ 2019). Ia ke negara Paman Sam mengikuti program Rotary Youth Exchange (RYE).

Kanz, panggilan akrabnya, penyuka mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) ini sudah lama sangat ingin mengikuti program student exchange. ”Mengikuti program student exchange banyak manfaatnya,” ungkap siswa kelahiran tahun 2002 ini.

Menurutnya, ia mempunyai kesempatan untuk belajar budaya dan bertukar pikiran dengan siswa seusianya di sana. Selain itu, bisa memperluas wawasan, networking dan meningkatkan toleransi.

”Hal lain yang tidak kalah penting, saya ingin belajar ide-ide bisnis, model bisnis dan investasi baru di USA,” terang siswa yang ingin jadi pengusaha ini.

Ia menceritakan, pertukaran pelajar ini mendapat dukungan penuh dari orang tuanya. Terutama dari sang mama. ”Orang tua saya sangat mendukung mengikuti program RYE,” terang Kanz.

Mama Kanz, Retno Wulandari, saat dihubungi, Selasa (20/8/2019), menjelaskan, sangat senang Kanz mengikuti jejaknya di masa muda. Peribahasa buah tak jatuh jauh dari pohonnya sepertinya cocok untuk menggambarkan ibu dan anak ini.

Retno juga pernah mengikuti program pertukaran pelajar. ”Saya juga mengikuti program RYE saat seusia Kanz,” kisahnya. Waktu itu, sambungnya, dia berangkat ke Australia.

Ia tahu dan paham betul bagaimana menjadi siswa exchange. Karena itu tidak khawatir melepas Kanz jauh dari keluarga.

Menurut alumni pasca sarjana Magister Management Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini, student exchange bisa meningkatkan kecerdasan otak kanan. Ia yakin soft skill putranya akan berkembang baik.

”Di sana Kanz belajar banyak hal seperti kreativitas, bagaimana survive di negeri orang, toleransi, tahan godaan, networking dan banyak hal positif lain yang berguna untuk masa depannya nanti,” tandasnya.

Di Wisconsin, Kanz tinggal bersama keluarga Clayton dan Amy Kane. Ia bersekolah Shawano Community High School yang berlokasi di 220 County Rd B, Shawano, WI 54166, Wisconsin, Amerika Serikat.

Smamda telah melaksanakan tiga tahun program RYE. Pertama, tahun 2017 Muhammad Faza berangkat ke Wisconsin. Tahun berikutnya M. Naufal Firdaus menuju ke State Santa Caterina Ascurra, Brasil. Tahun ini Ahmad Al Kanz mengikuti ke Wisconsin juga.

Selain Kanz, ada dua siswa lagi yang mengikuti program RYE dari Surabaya yaitu Catherine Nina dari SMA St. Louis tujuan California. Satu lagi Muhammad Daffa Raysmawan dari SMA Al Hikmah belajar di Strasbourg, Perancis. (*)

Penulis Tanti Puspitorini Editor Sugeng Purwanto

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda