OCA 2017 – Kelompok 21

LAPORAN OUTDOOR CLASS ACTIVITIES (OCA) XII/2017

SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

 

              Pada hari Kamis, 7 Desember 2017 sekolah kami mengadakan Outdoor Class Activities (OCA) yang dilaksanakan di beberapa universitas di Malang. Beberapa universitas itu adalah Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Karena jumlah siswa SMAMDA yang cukup banyak, dan keterbatasan waktu yang tidak memungkinkan untuk mengunjungi seluruh universitas dalam satu hari, maka peserta OCA tahun ini dibagi dua kelompok yang menentukan universitas dan fakultas mana yang akan dikunjungi, dan kemudian di masing-masing universitas terbagi lagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk membuat laporan dan vlog.

              Sebelum berangkat, kami berkumpul di masjid Nurul Ilmi SMAMDA pada pukul 05.00 untuk pembukaan kegiatan OCA 2017 lalu  pada pukul 05.45 kami menuju ke bus masing-masing yang sudah ditentukan dan dibagikan makan pagi untuk mengisi isi perut kami yang masih kosong, setelah itu kami berangkat ke universitas yang sudah ditentukan. Kebetulan kelompok kami mendapat bagian untuk ke fakultas psikologi di Universitas Negeri Malang. Kami tiba di sana pada pukul 08.30.

Setelah menempuh perjalanan yang memakan waktu 3 jam 15 menit itu, akhirnya kami sampai di Universitas Negeri Malang dan bisa keluar dari bus untuk menghirup udara segar di Malang dan juga melihat-lihat pemandangan sekitar UNM. UNM adalah universitas yang cukup luas dengan tanaman-tanaman yang asri yang ditata rapi dan tidak satupun terlihat sampah berceceran. Setelah itu kami langsung digiring berjalan menuju ke fakultas psikologi. Tetapi karena UNM yang luas dan jarak pemberhentian bus kami yang cukup jauh dari fakultas psikologi, alhasil kami harus berjalan cukup jauh untuk sampai ke sana. Tapi perjalanan tersebut cukup terbayarkan karena melihat pemandangan sekitar UNM yang asri.

Setelah sampai di fakultas psikologi, kami di bagikan kue dan air putih lalu disuruh memasuki sebuah ruangan untuk mengikuti perkuliahan di sana. Di sana kami mendapat materi perkuliahan yang sangat bermanfaat, mulai dari pengetahuan yang kami dapatkan tentang daftar dan urutan negara-negara yang diperkirakan akan memimpin dunia pada 10 tahun ke atas, sampai tes psikologi diri masing-masing. Jadi, saat kami memasuki ruangan, di setiap kursi sudah di siapkan dua lembar kertas, 1 kertas HVS kosong dan 1 kertas yang berisikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetes pribadi diri kita masing-masing.

Pada tes yang pertama, kami disuruh menuliskan 2 keunggulan, 2 kelemahan, ingin menjadi apa, dan setelah itu bercerita tentang diri kami sendiri dalam 2 paragraf. Ternyata di balik semua tes itu ada tujuannya yaitu ingin mencari tau apakah kami mempunyai kepribadian atau tidak. Tes yang kedua yaitu berkelompok 2 orang dan menggambar rumah, hewan, dan manusia dengan 1 bolpoin yang di pegang bersama, yang ternyata bertujuan untuk mengetes skill komunikasi kami. Dan yang terakhir kami di suruh mengisi kertas berisi pertanyaan-pertanyaan, yang ternyata bertujuan untuk mengukur apakah kami pribadi yang berfikiran positif atau tiak.

Setelah mengitu perkuliahan di UNM, kami menuju bus masing-masing untuk melanjutkan perjalanan menuju Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Di sana, kami bertemu kembali dengan kelompok bus yang menuju ke UB. Setelah sampai di UMM, kami pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat dhuhur dan ashar. Setelah itu, kami di berikan waktu sebentar untuk beristirahat, dan menunggu kelompok bus yang baru dating dan masih melaksanakan sholat.

Setelah itu kami terbagi lagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil untuk berkunjung ke beberapa tempat di UMM yang sudah ditentukan, dan kebetulan kelompok kami mendapat bagian ke Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Di PLTMH ini kami di bagi lagi menjadi 2 kelompok yang lebih kecil karena terbatasnya tempat di PLTMH. Di PLTMH ada 2 lantai, lantai atas adalah sungai yang ditampung dalam waduk kecil yang nantinya berfungsi untuk menggerakkan mesin yang berada di lantai bawah. Mesin inilah yang nantinya mengubah tenaga mikrohidro menjadi listrik.

Setelah itu, kami kembali menuju bus masing-masing dan melanjutkan perjalanan ke tempat wisata Sengkaling yang letaknya tidak begitu jauh dari UMM. Disana terdapat banyak wisata permainan dan tempat perbelanjaan yang sengaja dibuka saat kami datang ke sana. Di wisata permainan itu kita bisa bermain sepeda air, menaiki boom boom car, berenang, dan masih banyak lagi.

Setelah puas bermain, kami melaksanakan sholat maghrib, lalu kembali menuju bus masing-masing untuk mengakhiri perjalanan kami di Malang. Kami tiba di Surabaya pada pukul 21.00 di SMAMDA dan pulang menuju rumah masing-masing.

 

Kelompok                       : 21

Nama Anggota              :

1.      Sahira S. D               (XII MIPA 3)

2.      Dandy Anugrah     (XII MIPA 3)

3.      Aditya Ihza M.        (XII MIPA 3)

4.      Ghazwu Fikril H.    (XII MIPA 3)

5.      Nadya Fairuz F. N. (XII MIPA 3)

Tags
Author:

Nuun Wal Qalami Wamaa Yasthuruun!

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda