Peran Sekolah Dalam Pencegahan Difteri

Siapa yang tak tahu bunyi pribahasa lama “Mencegah lebih baik daripada mengobati.” Maksud dari ungkapan tersebut sama dengan fungsi imunisasi yang bertujuan untuk mencegah tubuh kita dari paparan penyakit. Namun masih banyak masyarakat belum sadar bahwa imunisasi memiliki fungsi yang baik bagi tubuh.

Bagaikan tameng, vaksinasi dapat menjadi penghalang tubuh kita dari sergapan virus dan bakteri yang akan menyerang sistem pertahanan tubuh.

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menganggap kondisi tersebut dengan serius dengan mendatangkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Pucang Sewu Kecamatan Gubeng Surabaya (14/02/2018). Kebetulan di Puskesmas juga terdapat  program Outbreak Response Imunization Difteri (ORI Difteri), atau disebut juga sebagai imunisasi gratis difteri yang sesuai kaidah kesehatan maupun agama yang dikoordinatori oleh Patria, Amd.

“ORI bertujuan untuk memutus mata rantai  penyakit Difteri yang banyak ditemui penderitanya adalah orang dewasa, sehingga yang wajib mendapat imunisasi adalah yang berusia 1 – 19 tahun.  Dengan dosis 3x interval 5 bulan yakni Februari, Juli dan Desember”, kata Patria.

Mengingat dampak yang sangat berbahaya jika tidak di Imunisasi adalah sakit tenggorokan hingga kematian. Maka jika terindikasi sakit tenggorokan dan terdapat plak putih, bisa langsung diperiksakan ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Dan nanti akan dilakukan swap di rumah sakit dan di isolasi, kemudian keluarga, teman sekolah,teman mengaji korban harus di imunisasi. arvl

Smamda
Author:

I Am the Admin

Leave a comment

Yes No
%d blogger menyukai ini: