Rektor ITS beberkan 7 prinsip untuk raih keberhasilan dalam kehidupan.

Orang cerdas yang bisa meraih keberhasilan dalam kehidupan adalah ketika orang tersebut tidak hanya memikirkan kehidupan duniawi saja tetapi juga akhirat. Jika ingin berhasil dan sukses dunia dan akhirat berpeganglah teguh pada ajaran agama islam.

Demikian disampaikan
Prof. Joni Hermana, Ir., MSCES., PhD. Rektor Insitut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dalam paparannya pada acara wisuda purna siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (SMAMDA) di Graha ITS Sabtu (12/5/18).

Dihadapan 394 wisudawan, Prof Joni menjelaskan ada 7 prinsip penting untuk raih keberhasilan dalam hidup.

“Yang pertama, kerjakan sesuatu karena Allah,” ungkap Prof.Joni. Menukil Q.S Asy syura ayat 20 ia memaparkan ketika kita hanya mengharapkan keberhasilan, keuntungan di dunia maka hanya itu saja yang kita dapat. Tetapi jika kita berkerja karena mengharap ridhoNya, keuntungan di akhirat maka sukses di dunia bisa kita rebut.

“Kedua, sambung Prof Joni, kita harus selalu yakin akan ketetapan Allah adalah yang terbaik untuk kita.” Berusaha untuk melakukan yang terbaik karena semua adalah amanah dari Allah.

Selain itu, pria lulusan Doctor of Philosophy (Environmental Engineering), University of Newcastle Upon Tyne, United Kingdom itu,menegaskan selalu bersabar dan bersyukur juga sangat diperlukan.
Dengan sabar dan syukur akan membawa prasangka baik dan pikiran positif dalam menghadapi masalah.

Lebih lanjut, Ayah Budi Salman X Mipa 1 ini memotivasi siswa SMAMDA untuk berusaha dan pantang putus asa ketika meraih cita cita. “Contohlah Thomas Alva Edison yang tak putus asa hingga menemukan bola lampu,” ungkapnya.

Peran orang tua juga sangat diperlukan dalam meraih keberhasilan, untuk itu berbakti kepada orang tua adalah wajib. Semua orang yang berhasil dengan hidupnya sangat dekat dan berbakti pada orang tua.

Pria yang lahir tahun 1960 ini juga mengimbau siswa untuk selalu bersedekah. “Sedekah tidak hanya berupa harta, bisa waktu, tenaga bahkan senyuman,” ujarnya. “Bantulah orang lain, beri kemudahan pada orang lain, maka Allah akan memudahkan segala urusanmu, ” tegas Prof Joni.

Yang terakhir yang tidak kalah penting adalah selalu berdoa. “Berdoalah maka Allah akan mengabulkan doamu, pungkasnya.

Mengakhiri paparan ilmiahnya, Rektor ITS ke-11 ini berpesan agar wisudawan SMAMDA bisa menerapkan 7 prinsip dalam meraih keberhasilan di masa depan sehingga tak hanya kesuksesan dunia yang teraih tetapi juga kesuksesan di akhirat kelak.(Puspitorini)

Author:

I Am the Admin

Leave a comment

×
Assalamu Alaikum, Selamat Datang di Smamda